Wisata Gunung Galunggung Dengan Pesona Keindahan Panoramanya

Wisata Gunung Galunggung menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi ketika singgah ke Tasikmalaya. Bukan hanya wisatanya yang menarik untuk dikunjungi, namun juga memiliki cita rasa kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Kawasan yang berada di Jawa Barat ini menjadi tempat yang wajib dieksplor daerahnya untuk mengetahui ada apa saja di daerah ini.

Wisata Gunung Galunggung

Destinasi ini bisa disebut juga dengan ikonnya Tasikmalaya, sebab menjadi tempat wisata yang paling hits dan banyak dikunjungi. Kawah Gunung Gulunggung menjadi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Tasikmalaya. Sebab menyuguhkan pemandangan yang masih asri.

Tidak salah jika sering digunakan untuk foto prewedding oleh beberapa pasangan. Tidak luput juga, tempat ini menjadi area yang dikunjungi model profesional untuk sekedar mengambil beberapa foto. Gunung yang berada di Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya ini, memiliki tinggi mencapai 2.167 meter diatas permukaan laut.

Perlu diketahui jika gunung ini tergolong ke dalam gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang. Meski demikian, tidak menyurutkan niat masyarakat untuk menikmati keindahan panorama Gunung Galunggung dengan pepohonan yang masih hijau.

Untuk mencapai kawah wisata Gunung Galunggung, pengunjung harus menaiki anak tangga yang mencapai 620 buah. Sambil berjalan menapaki anak tangga, bisa melihat sekeliling pemandangan yang indah dari hutan Ericaceous serta hutan Montane. Di sisi kanan dan kiri ditumbuhi pohon yang masih terlihat rindang dengan ditambah udara sejuk khas pegunungan.

Keindahan Gunung Galunggung

Wisata kawah Gunung Galunggung kebanjiran pengunjung setiap akhir pekan. Pasalnya, disana bisa menikmati indahnya panorama dengan memancing ikan. Di kawahnya hidup berbagai habitat ikan yang warna-warni. Danaunya memiliki warna air yang hijau untuk dasar kawahnya.

Jangan lewatkan untuk menikmati wisata sambil mencicipi aneka makanan yang tersaji di warung-warung. Selain itu, di tengah kawah terdapat bendera Merah Putih dengan gagahnya berkibar yang menjadi daya tarik sendiri di wisata Gunung Galunggung.

Untuk pengunjung yang ingin menikmati udara malam, bisa melakukan aktivitas kemah. Perkemahan bisa dilakukan di daerah hutan pinus yang memiliki daerah yang cocok untuk berkemah. Terlebih bersama keluarga dan teman, tentu menjadi agenda yang menyenangkan. Disana pun ada pemandian air panas yang berada di sekitaran kawasan Gunung Galunggung.

Dimana disana kolam bisa digunakan untuk bermain air meski dengan kondisi cuaca yang dingin. Pengunjung bisa menikmati air panas untuk berendam. Bahkan disana ada aliran sungai yang bisa digunakan untuk bermain air pula. Untuk yang tidak menyukai keramaian, bisa menyewa tempat berendam khusus untuk maksimal 5 orang saja.

Wisata Gunung Galunggung memiliki puncak gunung yang terlihat indah dengan hamparan danau dan tebing yang tinggi dengan air terjun yang menghiasinya. Tempat ini sangat instagramble untuk pengambilan foto. Pasalnya, spot yang tersedia banyak sekali. Pengunjung bisa berfoto ria untuk dipamerkan di media sosial mereka dengan latar belakang yang indah. Tempat wisata yang berada di Tasikmalaya ini memang menjadi destinasi paket komplit sebagai salah satu tempat wisata tujuan.

Mengenali Adat Asli Tasikmalaya

Setelah puas berkeliling untuk menikmati indahnya wisata Gunung Galunggung, bisa dilanjutkan dengan mengenali adat istiadat asli dari kawasan ini. Misalnya, bisa mengunjungi Kampung Naga yang berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu. Jika pengunjung berasal dari arah Garut, maka bisa melewati Singaparna.

Masyarakat setempat masih memegang erat adat mereka dengan segala tradisi yang ada sejak dulu. Untuk mempertahankan kebudayaan, masyarakat setempat menolak adanya kebudayaan modern. Jika pengunjung kesana, tidak akan menemukan barang elektronik. Dimana rumah disana dibangun dengan menggunakan bahan yang alami.

Contohnya menggunakan bambu, kayu, dan ijuk untuk digunakan sebagai atapnya. Bentuk rumahnya memiliki model yang sama. Begitu juga dengan luasnya, sama dengan menghadap ke utara. Masyarakatnya konon beragam Islam karena memiliki hubungan dengan salah satu wali yang menyebarkan agama Islam.

Dengan keindahan panorama pegunungan dan Kampung Naga yang masih asri, membuat kedua destinasi ini menjadi rekomendasi pilihan ketika menjelang liburan. Untuk menjelajahi kawasan Tasikmalaya mulai dari wisata Gunung Galunggung sampai dengan Kampung Naga, tidak akan selesai jika hanya untuk satu hari.