Tips Memilih Kontraktor Rumah yang Handal

Ketika kita ingin membangun atau merenovasi rumah tentu dibutuhkan kontraktor rumah untuk membantu kita. Karena dengan menggunakan kontaktor, pengerjaan akan lebih cepat dan terorganisir. Memilih kontraktor juga tidak boleh sembarangan dan berikut ini adalah beberapa tips memilih kontraktor rumah yang handal dan profesional :

1. Kenali Seluruh Tim yang Terlibat

Umumnya kontaktor akan bekerja sama langsung dengan penyedia jasa arsitek rumah dan penyedia bahan material bangunan.  Dalam hal ini kita perlu untuk mengenal semua tim tersebut dan usahakan untuk duduk bersama terlebih dahulu membahas konsep seperti apa yang anda inginkan. Dengan begitu dalam pengerjaannya nanti sudah ada kesepahaman antar semua pihak dan terhindar dari kesalahpahaman.

2. Pilih yang Memiliki Badan Hukum

Usahakan untuk memilih kontraktor yang memiliki badan hukum, memiliki ijin operasi yang resmi serta memiliki alamat kantor yang jelas. Dengan begitu ketika ada suatu kendala yang dihadapi kita bisa langsung menuju ke kantornya untuk berdiskusi.

3. Lihat Review dari Para Pelanggan Mereka

Hal berikutnya yang bisa menjadi bahan pertimbangan kita adalah terkait review dari para pelanggan yang telah menggunakan jasanya. Dengan melihat penilaian dari mereka maka kita bisa memiliki gambaran bagaimana hasil pekerjaan mereka, apakah memuaskan atau tidak.

4. Teliti Rincian Harga yang Ditawarkan

Kontraktor yang profesional biasanya akan dapat memberikan rincian biaya yang diperlukan dalam pengerjaannya. Dengan begitu kita bisa mempersiapkan dan mengontrol biaya yang diperlukan. Dengan adanya transparansi seperti ini maka kita bisa menekan kemungkinan biaya tak terduga yang bisa muncul nantinya.

5. Garansi

Kita tidak bisa memprediksi kemungkin hal buruk yang bisa terjadi pasca pengerjaan seperti misal ada bagian yang cepat rusak atau tidak sesuai yang dijanjikan, oleh karena itu kontraktor yang baik tentu akan memberikan garansi untuk hasil pekerjaannya. Karena kontraktor yang berani memberikan garansi biasanya akan benar-benar memperhatikan setiap detail pekerjaannya apakah sudah sesuai atau belum.

6. Pilih yang Mau Terikat Kontrak Resmi

Dalam memilih kontaktor hindari untuk melakukan pekerjaan hanya berlandaskan rasa saling percaya, usahakan untuk mengikatnya dengan kontrak resmi yang jelas. Kontrak ini biasanya berisi tentang lama pengerjaan, bahan yang digunakan dan metode pembayaran yang dilakukan.

7. Kenali Spesialisasi Mereka

Tiap-tiap kontraktor biasanya memiliki spesialisasinya masing-masing, seperti misal ada yang ahli di desain modern, kontemporer, tradisional dan yang lainnya. Maka untuk memilihnya perlu kita sesuaikan dengan desain rumah yang ingin kita bangun, dengan begitu maka kita bisa benar-benar menyerahkan kepada ahlinya.

Itulah beberapa tips memilih kontraktor rumah yang bisa anda terapkan, sehingga kontaktor yang kita pilih benar-benar berkompeten untuk melakukan pekerjaan tepar waktu dan sesuai dengan keinginan kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya, terima kasih.