Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula Agar Tidak Tertipu

Jika anda saat ini sedang ingin membeli mobil namun masih terkendala biaya, maka membeli mobil bekas bisa menjadi solusinya karena tentu harganya lebih terjangkau dibanding mobil baru. Saat ini banyak mobil bekas yang memiliki kualitas mumpuni asalkan kita bisa jeli dalam memilihnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tips membeli mobil bekas untuk pemula agar tidak tertipu dan mendapatkan mobil yang berkualitas dan masih layak pakai :

1. Cari Dealer Mobil Bekas Terpercaya

Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum membeli mobil bekas adalah dengan mencari sebanyak mungkin info mobil bekas yang akan kita beli beserta dealer yang menjualnya. Cari dealer yang terpercaya dan sudah memiliki review pelanggan yang baik, dengan begitu kemungkinan untuk mendapatkan mobil bekas yang sesuai keinginan akan mudah tercapai.

2. Tentukan Pilihan Mobil Bekas yang Akan Dibeli

Sebelum membeli usahakan untuk memiliki pilihan yang jelas mau membeli mobil apa, seperti misalĀ mobil bekas nissan, toyota, honda, daihatsu atau yang lainnya. Supaya ketika dihadapkan pada pilihan kita sudah punya prioritas merk mobil mana yang mau kita beli, dan kita bisa langsung mengecek merk mobil yang sesuai keinginan kita tadi.

3. Catatan Servis Mobil

Tips membeli mobil bekas berikutnya adalah selalu tanyakan catatan servis mobil yang akan kita beli. Ini untuk mengecek apakah servis mobil dilakukan secara rutin atau tidak dan di bengkel mana biasanya mobil di service. Dengan mengetahui bagaimana perawatan yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya kita bisa memiliki gambaran bagaimana kondisi mobilnya, karena dengan perawatan yang rutin biasanya mobil akan selalu prima.

4. Cek Kondisi Mesin Mobil

Hal yang paling penting untuk kita cek saat akan membeli mobil bekas adalah kondisi mesinnya. Pastikan mobil mudah saat distarter, suara mesin tidak kasar dan tidak ada kebocoran pada komponen mesinnya. Anda juga bisa langsung melakukan test drive untuk mengetahu bagaimana kondisi mesin, rem, transmisi, kaki mobil dan kenyamanannya saat digunakan untuk berkendara.

5. Periksa Aksesoris, Interior dan Body Mobil

Berikutnya yang perlu kita cek adalah kondisi aksesoris, interior dan body mobilnya apakah semuanya masih dalam kondisi bagus dan berfungsi dengan baik atau tidak, seperti misal pada bagian AC, sistem audio, switch lampu, dashboard, plafon dan karpet. Setelah itu kita cek bagian body-nya seperti pintu, kap mesin dan juga kaca mobil apakah masih orisinil atau tidak serta tidak ada baret atau penyok bekas tabrakan.

6. Kelengkapan Dokumen Kendaraan

Setelah dari kondisi mesin dan fisiknya kita cocok, berikutnya adalah tanyakan kelengkapan dokumen kendaraan seperti BPKB, STNK dan faktur mobil. Cocokan nomor rangka dan nomor mesin mobil apakah sesuai dengan yang tertera di surat-suratnya atau tidak.

7. Bawa Teman yang Paham Kondisi Mobil

Hal ini bisa sangat membantu kita jika kita masih awam tentang bagaimana kondisi mobil yang baik. Dengan membawa teman yang paham kondisi mobil maka dia kan bisa memberikan rekomendasi dan pemilihan mana mobil bekas yang layak untuk kita beli.

8. Jangan Mudah Tergoda Harga Murah

Mendapatkan mobil bekas yang masih prima dengan harga murah tentu menjadi harapan kita. Namun kita perlu waspada juga jika ada yang menawarkan mobil bekas dengan harga murah atau dibawah harga pasarannya. Selalu dicek dengan teliti dan belilah dari orang atau dealer yang sudah terpercaya.

Demikian tadi adalah beberapa tips membeli mobil bekas yang bisa kita terapkan, supaya kita bisa mendapatkan mobil yang masih berkualitas dan layak pakai, serta pastinya terhindar dari penipuan yang bisa merugikan kita nantinya. Semoga saja informasi yang saya bagikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.