Rekomendasi Pakan Bebek Petelur Terbaik yang Wajib Dicoba

Terkenal akan rasanya yang mantap dan dapat diolah menjadi aneka kulier lezat, wajar saja jika bebek banyak diburu di pasaran. Tingginya minat masyarakat untuk mengkonsumsi daging maupun telur bebek, menjadi salah satu alasan membangun bisnis ternak bebek, tidak terkecuali untuk jenis bebek petelur. Agar mampu menghasilkan telur berkualitas tinggi, penting untuk memberi makan bebek dengan pakan yang terbaik, jadi tidak boleh asal-asalan. Dan berikut adalah rekomendasi pakan bebek petelur terbaik yang bisa anda coba :

Pakan Bebek Petelur Terbaik

1. Pakan Sumber Protein

Pemilihan pakan untuk bebek tampaknya tidak dapat dipilih secara sembarangan. Sebab, apa yang diberikan akan berdampak langsung pada kualitas hewan ternak tersebut. Mengerti akan hal tersebut, maka lebih baik untuk melengkapi kebutuhan protein hariannya. Alasan mengapa anda perlu memberikan pakan dengan kandungan protein tinggi, karena nutrisi tersebut akan berfungsi dalam perkembangan serta pertambahan masa otot.

Protein juga berperan penting untuk melakukan aktifitas harian, sekaligus menunjang kemampuan otot ternak. Ketika kandungan protein terpenuhi, kemungkinan bebek akan berubah menjadi lebih aktif bergerak. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh pada tingkat produksi telurnya sendiri. Hanya saja, pakan sumber protein sedikit lebih tinggi daripada jenis pakan lainnya. Meski begitu, khasiat yang didapatkan akan mendatangkan keuntungan berlipat.

Beberapa jenis pakan bebek petelur yang dikatakan mampu menjadi sumber protein tinggi yaitu limbah tauge, ampas tahu dan tempe, daun indigofera, bungil kelapa, bungkil kacang tanah, bungkil kedelai, corn gluteal meal, serta tepung ikan. Meski mengandung protein tinggi, pastikan untuk menyeimbangkannya dengan memberikan jenis pakan lainnya dan memberikannya dalam dosis yang tidak berlebihan.

2. Pakan Sumber Mineral

Pakan yang mengandung mineral tinggi, tidak kalah penting diberikan kepada bebek peliharaan anda. Sebab kandungan mineral, akan berperan penting dalam pembentukan tulang sekaligus pembentukan kerabang telur. Ketika asupan mineralnya terpenuhi, secara tidak langsung akan berpengaruh pada kualitas telur yang dihasilkannya. Lalu jenis pakan seperti apa yang bisa diberikan kepada sang bebek kesayangan ?

Beberapa jenis pakan yang dapat menjadi sumber mineral yaitu tepung keong mas, tepung kulit telur, serta tepung bekicot. Untuk mendapatkan khasiatnya, umumnya para peternak akan memanfaatkan bagian cangkangnya  daripada dagingnya. Pasalnya kandungan mineral pada cangkangnya cukup tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan harian sang bebek. Agar hasilnya lebih maksimal, silahkan berikan jenis pakan lainnya sebagai penyeimbang.

3. Pakan Sumber Energi

Makhluk hidup membutuhkan energi untuk melakukan aktifitas hariannya, dimana energi tersebut didapatkan dari makanan yang dikonsumsinya. Begitu pula bagi hewan peliharaan seperti bebek, mereka akan sangat membutuhkan beberapa jenis pakan bebek petelur khusus untuk mengembalikan energinya. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan energi yang cukup, tentu saja hewan ini akan menjadi lemas dan tidak bergairah untuk aktifitas.

Bahkan untuk berenang, terbang, berlarian, ataupun aktifitas lain yang dianggap membutuhkan tenaga akan dihindarinya. Jika sudah enggan untuk bergerak, lalu bagaimana sang bebek petelur dapat menghasilkan telur dalam jumlah melimpah seperti yang diharapkan ? Secara tidak langsung, pakan yang diberikan akan sangat berpengaruh pada tingkat produksi telur yang bisa dihasilkannya.

Memahami bahkan pakan menjadi sumber energi yang penting untuk dipenuhi, segera berikan mereka pakan terbaik untuk meningkatkan semangatnya. Pakan terbaik untuk mengembalikan energinya, dapat ditemukan pada berbagai jenis umbi umbian serta biji sereal. Contohnya saja seperti bekatul, jagung giling, sorgu, dedak padi, tepung roti, serta singkong bisa menjadi piihan terbaik.

4. Azolla dan Lemna

Selain mengkonsumsi empat jenis pakan bebek petelur diatas, ternyata azolla dan lemna bisa menjadi alternatif lain agar produksi telur bebek semakin meningkat. Sebenarnya Azolla sp merupakan sejenis tanaman paku pakuan yang tumbuh dan hidup mengapung di permukaan air. Kandungan proteinnya yang tinggi, dianggap sebagai salah satu alasan mengapa tanaman ini masuk menjadi pakan alternatif terbaik bagi sang bebek.

Beberapa kandungan nutrisi lain yang terdapat ada azolla sp yaitu lemak sekitar 7.5%, serat kasar 13%, gula terkaur 3.5%, serta karbohidrat sekitar 6.5%. Umumnya mudah ditemukan di area persawahan yang tengah tergenang air, bahkan anda pun tak perlu khawatir akan kehabisan pakan alami ini lantaran Azolla memiliki tingkat perkembangan yang cepat. Secara tidak langsung, memberikan pakan ini akan menghemat biaya karena bisa diberikan dalam keadaan segar.

5. Limbah Onggok dan Kulit Biji Kedelai

Sebagai limbah argoindustri, kulit ari dari biji kedelai dan jenis onggok pun seringkali dipandang sebelah mata. Padahal bagi para peternak bebek, kedua bahan tersebut bisa disulap menjadi pakan bebek terbaik. Sebab onggok sebenarnya merupakan sisa pemerasan ubi kayu untuk diambil sari patinya saja, sedangkan kulit ari dari biji kedelai disebut limbah karena menyisakan bagian kulit terluarnya untuk diambil daging bijinya.

Meski disebut sisa, anda bisa meningkatkan nutrisi kedua bahan tersebut dengan cara fermentasi terlebih dahulu sebelum diberikan kepada hewan ternak. Dengan pengolahan tepat dan sesuai dengan takaran, kedua bahan sisa tersebut berubah menjadi pakan bebek petelur yang kaya akan nutrisi. Setelah mengetahui manfaatnya, tampaknya pandangan terhadap bahan sisa harus disingkirkan.

6. Enceng Gondok

Ketika mengunjungi di kawasan perairan yang dalam seperti danau hingga waduk, anda pasti tidak asing melihat tanaman air bernama enceng gondok tengah mengapung di atas air. Bukan hanya sekedar mengapung di permukaan air semata, ternyata tanaman satu ini bisa menjadi tempat perlindungan sekaligus tempat tinggal ternyaman bagi ikan ikan kecil yang perkembang di perairan tersebut.

Sedangkan bagi manusia, tumbuhan ini kerap dijadikan sebagai sumber aneka kerajinan tangan. Dengan sedikit sentuhan kreatifitas, tanaman ini pun berubah menjadi berbagai produk dengan kualitas unggulan. Lalu apa hubungannya dengan pakan bagi bebek ternak ? Selain mempercantik tampilan lingkungan sekitar, ternyata tanaman ini dapat diolah menjadi pakan terbaik bagi sang bebek.

Mengandung lemak kasar sekitar 2,83%, protein 6,31%, serat kasar 36,61%, ekstrak nitrogen 48,18%, serta abu sekitar 16,12 %. Dengan semua kandungan nutrisi tersebut, wajar saja jika tanaman ini ditujuk sebagai pakan alternatif agar produksi telur bebek meningkat. Hanya saja dosis pemberiannya harus dikurangi, sebab kandungan serat kasarnya yang terlalu tinggi dikhawatirkan akan membahayakan sang bebek.

Apabila anda tertarik untuk menjadikannya sebagai pakan bebek petelur alternatif, silahkan lakukan fermentasi terlebih dahulu sebelum diberikan. Dalam proses fermentasi, mikroba makromolekul komplek akan berubah menjadi molekul sederhana yang membuatnya mudah dicerna oleh sistem pencernaan bebek. Bahkan proses fermentasi sendiri, dirasa ampuh membuang senyawa kimia beracun yang terkandung dalam enceng gondok.

Dapat dimanfaatkan mulai dari daging hingga telurnya, wajar saja jika ternak bebek disebut sebagai bisnis yang menggiurkan. Tingginya minat masyarakat untuk membelinya, dirasa akan lebih menguntungkan lagi jika anda dapat menawarkan bebek berkualitas unggulan. Untuk mewujudkannya, silahkan lakukan perawatan lebih serta memberikannya pakan bebek petelur yang bergizi. Dengan tidak asal memberikan pakan, dijamin mampu menghasilkan daging dan telur berkualitas tinggi.