Oleh-oleh Khas Pontianak Kota Khatulistiwa Paling Maknyus

Ketika anda berkunjung ke Pontianak, pastinya akan banyak hal yang bisa untuk anda jadikan oleh oleh. Hal ini dikarenakan penduduk Pontianak memang terkenal cukup kreatif untuk mengolah bahan menjadi sesuatu yang khas dan bisa untuk anda bawa pulang. Berikut ini adalah beberapa oleh oleh khas Pontianak yang bisa untuk anda berikan kepada keluarga ataupun sahabat di rumah. Simak ulasan selengkapnya.

Buah Tangan Khas Pontianak

1. Jelly Lidah Buaya

Ketika anda berada di Pontianak, maka anda pun akan menemukan camilan yang mungkin tidak akan bisa anda temukan di tempat lain. Salah satu cemilan tersebut adalah jelly lidah buaya. Jelly sendiri merupakan makanan yang baik dikonsumsi untuk semua orang. Dengan memiliki bahan baku yakni lidah buaya maka jelly satu ini pun akan mempunyai tekstur yang kenyal.

Untuk bahan yang digunakan dalam pembuatannya pun juga cukup sederhana. Dimana hanya dengan menggunakan daging lidah buaya dan juga gula, sehingga jelly ini memiliki tekstur rasa yang manis. Sedangkan untuk pewarnanya sendiri menggunakan pewarna makanan yang  alami seperti daun pandan ataupun yang baik untuk kesehatan.

2. Coklat Lidah Buaya

Selain jelly, di Pontianak sendiri juga membuat camilan lain yang terbuat dari bahan utama yakni lidah buaya yakni coklat. Makanan satu ini pun juga merupakan salah satu makanan khas yang bisa anda coba ketika berada di Pontianak. Terbuat dari lidah buaya, coklat dan juga gula maka camilan ini pun akan terasa manis jika anda coba. Selain itu, coklat ini pun akan terasa lembut ketika anda mencobanya.

3. Dodol Lidah Buaya

Dodol dengan bahan utama lidah buaya ini pun juga bisa dengan mudah untuk anda temui ketika berada di Pontianak. Bahan utamanya sendiri yakni terdiri dari lidah buaya tanpa lendir dan kulit. Serta ditambahkan gula merah, gula pasir, tepung beras, garam dan juga santan kelapa. Dikarenakan dodol satu ini terbuat dari lidah buaya, maka cemilan satu ini pun memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda.

Makanan satu ini pun memiliki tekstur yang kenyal khas dodol dan juga rasa yang manis. Ketika anda memakannya, maka dodol ini pun akan terasa sangat lembut. Karena oleh oleh satu ini sangat unik, maka sangat disayangkan jika anda tidak membawanya pulang. Hanya dengan harga sekitar 25 ribu rupiah saja tiap satu bungkusnya, maka anda pun akan bisa menjadikan cemilan ini sebagai buah tangan untuk keluarga anda di rumah.

4. Kerupuk Lidah Buaya

Jika anda berjalan jalan ke kota Pontianak, maka anda pun akan bisa menemukan banyak sekali olahan yang terbuat dari lidah buaya, seperti sebut saja kerupuk lidah buaya ini. Di Pontianak sendiri kerupuk satu ini merupakan makanan yang menggiurkan dan banyak diminati oleh banyak orang. Sehingga ketika berada di kota satu ini, maka anda pun bisa membelinya sebagai camilan yang bisa anda nikmati ketika perjalanan pulang.

5. Teh Lidah Buaya

Siapa sangka jika lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai teh. Seperti teh pada umumnya, teh yang terbuat dari tanaman aloe vera ini pun perlu anda seduh terlebih dahulu sebelum menikmatinya. Bagi anda yang tertarik, maka teh lidah buaya ini pun dapat dijadikan oleh oleh khas Pontianak yang unik dan jarang anda temui di tempat lain. Selain itu, khasiat yang didapatkan di dalam teh satu ini pun juga sangat banyak.

Diantaranya adalah mampu untuk melancarkan pencernaan, meredakan batuk dan juga mampu untuk menangkal radikal bebas. Tak hanya itu saja, kandungan gizi dari teh yang terbuat dari aloe vera ini pun cukup banyak, mulai dari vitamin A hingg E lengkap tersedia di dalam minuman satu ini. Untuk anda yang tertarik membelinya, maka untuk harga satu kotaknya hanya berkisar 5 ribu rupiah saja. Cukup terjangkau bukan?

6. Keripik Pisang Segodong

Makanan lainnya yang bisa untuk anda jadikan buah tangan ketika berada di Pontianak adalah keripik pisang segodong. Keripik satu ini terbuat dari bahan utama pisang yang diiris kecil kecil dan digoreng dengan menggunakan bumbu tertentu. Untuk rasanya sendiri pun cukup gurih dan memiliki aroma bawang yang menjadi salah satu rempah untuk bahan pembuatannya.

Keripik satu ini dinamakan Segodong karena memang berasal dari daerah Segodong, Kabupaten Mempawah. Dengan memiliki tekstur yang renyah, maka cemilan satu ini pun dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk membawanya pulang. Untuk anda yang tertarik membelinya, dengan harga sekitar 15 ribu rupiah saja maka anda pun bisa membawa pulang keripik ini.

7. Juhi Bakar

Makanan satu ini pun mungkin akan terdengar asing bagi anda. Perlu anda ketahui, bahwa juhi merupakan salah satu makanan yang terbuat dari sotong dan kemudian dagingnya digiling sehingga menghasilkan tekstur yang lebih halus. Hasil gilingan yang halus tersebut kemudian bisa untuk dibakar dan diberi bumbu sehingga menghasilkan rasa yang enak. Untuk anda yang mencari oleh oleh khas Pontianak yang berbeda dari lainnya, maka juhi bakar ini dapat anda jadikan pilihan.

8. Kue Bingke Berendam

Untuk anda yang menyukai sajian kue, maka anda pun bisa membawa pulang kue bingke berendam ketika berada di Pontianak. Kue satu ini pun memiliki dua varian yang bisa untuk anda pilih yakni kue bingke biasa dan juga kue bingke berendam. Untuk perbedaan dari kedua jenis varian kue bingke ini adalah cara memasaknya. Kue bingke biasa, maka proses pembuatannya dengan cara dipanggang. Sedangkan untuk kue bingke berendam dengan cara dikukus.

Sehingga bagi anda yang mencari buah tangan khas dari kota Pontianak maka anda pun bisa mencoba untuk membeli kue satu ini. Bahkan menu ini pun juga sering kali digunakan bagi masyarakat sekitar untuk menu berbuka puasa. Untuk anda yang tertarik membelinya, maka anda pun bisa membeli dengan kisaran harga yakni 10 ribu hingga 20 ribu rupiah saja. Dengan pilihan rasa yakni original, ubi, susu, keju dan lainnya.

9. Snek Muruku

Oleh oleh khas Pontianak lainnya yang bisa untuk anda bawa pulang maupun menjadi camilan adalah snek muruku. Makanan ringan ini terbuat dari bahan dasar ikan dan rasa yang beraneka ragam. Untuk bentuknya sendiri pun sekilas mirip dengan sereal dan warna yang agak kecoklatan. Selain itu, cemilan ini pun juga memiliki rasa gurih, sehingga anda pun tak bisa berhenti mengunyahnya.

Itulah beberapa jenis oleh oleh yang bisa anda  temukan ketika berada di Pontianak. Dengan membeli aneka olahan yang khas dari kota satu ini, maka anda pun akan mencoba berbagai macam menu baru yang mungkin belum pernah anda rasakan sebelumnya. Untuk itu, anda pun wajib membeli beberapa buah tangan ketika sedang berada di Pontianak.