Rekomendasi Oleh Oleh Khas Manado Yang Wajib Anda Beli

Selain dikenal memiliki wisata alam yang indah, Manado pun juga dikenal sebagai kota yang menyajikan makanan yang lezat. Untuk itu, ketika anda telah lelah berkeliling kota satu ini dan ingin kembali ke kampung halaman, maka anda pun bisa mencoba untuk membawa pulang oleh oleh khas Manado yang tradisional dan memiliki cita rasa yang unik. Untuk anda yang penasaran, maka anda pun bisa menyimak ulasan mengenai rekomendasi oleh-oleh yang wajib Anda beli ketika berada di Manado berikut ini :

1. Dodol Amurang

Kuliner pertama yang wajib untuk anda bawa pulang adalah dodol Amurang. Tak hanya di Jawa saja yang terkenal akan dodolnya, di Manado sendiri dodol pun menjadi jajanan yang tidak boleh untuk anda lewatkan. Dodol satu ini dinamakan sebagai dodol Amurang dikarenakan makanan satu ini berasal dari kawasan Amurang yang berada di Minahasa Selatan. Masyarakat pun juga seringkali menyebutnya sebagai dodol kenari.

Tergolong sebagai salah satu jajanan tradisional maka anda pun wajib untuk membawa pulang makanan satu ini sebagai oleh oleh. Dengan menggunakan bahan alami yakni gula aren dan beras ketan yang dihaluskan dan dicampur dengan minyak kelapa murni tentunya akan menghasilkan rasa yang lezat. Pada umumnya, jajanan ini akan mudah ditemukan saat tradisi syukuran warga Minahasa. Namun, anda pun bisa menemukannya di pusat oleh oleh ketika ingin membelinya.

2. Kacang Goyang

Oleh oleh yang berasal dari Manado lainnya yang wajib untuk anda bawa pulang adalah kacang goyang. Kacang satu ini pun memiliki tekstur serta bentuk dan warna yang beragam. Tentu saja hal ini pun akan menjadikan makanan satu ini unik dan diburu oleh para pelancong. Untuk namanya sendiri, dikarenakan proses pembuatannya yang digoyangkan setelah melalui proses sangrai sehingga dinamakan demikian.

Untuk anda yang ingin membawa pulang kacang goyang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah, maka anda pun tidak perlu mengeluarkan kocek yang banyak. Hal ini dikarenakan anda hanya perlu untuk menyiapkan uang yakni sekitar 10 ribu hingga 25 ribu rupiah saja untuk satu kemasannya. Kacang satu ini pun bisa bertahan hingg satu bulan lamanya, sehingga anda pun bisa menyimpannya untuk stok camilan selama di rumah.

3. Panada

Jajanan lainnya yang bisa untuk anda bawa pulang adalah Panada. Jika anda lihat secara sekilas, mungkin anda pun akan mengira bahwa bentuk kue ini seperti kue pastel yang biasa anda temui. Akan tetapi, ketika anda mencobanya maka Panada akan memiliki rasa dan juga bahan yang berbeda. Dimana Panada ini merupakan kue yang di dalamnya terdapat isian yakni pepaya muda yang dicampur dengan ikan cakalang yang memiliki cita rasa pedas.

Untuk itu, bagi anda yang penasaran dengan oleh oleh khas Manado satu ini, maka anda pun bisa membelinya seharga kurang lebih hanya 3 ribu rupiah saja per satu bijinya. Konon katanya, Panada ini sendiri merupakan salah satu makanan khas dari keluarga besar Mandey yang berasal dari Minahasa. Sehingga tak ada salahnya anda untuk mencicipi jajanan satu ini ketika berada di Manado.

4. Halua Kenari

Mungkin anda pun akan terasa asing dengan nama makanan satu ini. Bernama Halua Kenari, maka jajanan ini merupakan oleh oleh yang berasal dari Manado dengan memiliki cita rasa yang manis dan berbentuk seperti gula gula kacang. Hal lain yang membuat makanan ini menjadi unik adalah anda nantinya akan bisa untuk merasakan aroma kenari yang sangat khas dari cemilan satu ini.

Tentu saja hal ini pun akan menambah selera makan anda ketika mengonsumsi Halua Kenari ini. Cita rasa manis yang dihasilkan dari makanan satu ini pun dihasilkan dari perpaduan kenari yang dicampurkan dengan gula merah. Anda pun nantinya akan dengan mudah menemukan jajanan satu ini di pusat oleh oleh Manado dengan harga yang cukup terjangkau. Yakni sekitar 60 ribu rupiah saja per 500 gramnya.

5. Cakalang Fufu

Untuk anda yang ingin membawa pulang ikan cakalang, mungkin oleh oleh satu ini pun akan sangat cocok untuk anda. Cakalang Fufu merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari ikan cakalang yang telah diberi bumbu dan diasap. Kemudian, makanan ini pun akan dijepit dengan menggunakan kerangka bambu. Anda pun akan menemukan makanan satu ini banyak dijual di daerah Minahasa, Sulawesi Utara.

Meskipun merupakan salah satu makanan yang basah, namun anda pun tetap bisa membawa oleh oleh khas Manado ini untuk buah tangan bagi keluarga anda di rumah. Ketika membelinya, anda pun bisa meminta pedagangnya untuk membungkus dengan rapi dan aman. Nantinya ketika anda ingin mengonsumsinya di rumah, maka anda pun hanya tinggal memanaskan kembali ikan satu ini.

6. Sambal Ikan Roa

Untuk anda yang suka dengan makanan pedas, maka anda pun wajib untuk membungkus sambal ikan roa ini untuk dibawa pulang. Karena Manado merupakan daerah pesisir, maka tak heran disini pun memiliki hasil laut yang melimpah. Salah satunya adalah sambal ikan roa yang bisa untuk anda jadikan buah tangan dan diminati oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Manado.

Sambal ini pun berbeda dengan sambal pada umumnya, dimana sambal ini akan menggunakan ikan roa yang telah melalui proses pengasapan. Nantinya sambal ini pun akan bisa awet hingga 6 bulan jika anda menyimpannya pada suhu ruangan yang normal dan dapat bertahan selama 1 tahun jika anda menyimpannya di dalam kulkas. Sehingga sambal ikan roa ini pun dapat menjadi oleh oleh yang tepat untuk diberikan kepada keluarga maupun sahabat di rumah.

7. Klappertart

Salah satu oleh oleh khas Manado yang wajib untuk anda bawa pulang adalah Klappertart. Kudapan yang memiliki rasa manis dan juga gurih ini pun akan terasa sangat nikmat jika anda menyantapnya dengan kopi maupun teh hangat. Bahan utama untuk membuat kudapan satu ini adalah tepung terigu, kelapa, susu, telur ayam dan juga mentega.

Makanan satu ini pun juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh karena adanya kandungan susu yang terdapat didalamya. Mulai dari mencegah osteoporosis hingga mencegah timbulnya kerusakan pada gigi, maka oleh oleh ini pun sangat direkomendasikan untuk keluarga anda di  rumah. Klappertart ini sendiri juga tersedia dalam berbagai macam ukuran mulai dari cup hingga loyang yang berukuran 20 cm. Harganya pun bervariatif yakni mulai dari 20 ribu hingga 200 ribu rupiah.

Ketika anda mengunjungi kota Manado, maka anda pun tentu saja bisa mencoba beberapa buah tangan tersebut. Dengan memiliki berbagai macam rasa yang khas dan unik, maka anda pun bisa memilih yang sesuai dengan selera anda. Sehingga ketika berada disini, anda pun bisa memilih oleh oleh yang ingin anda berikan kepada keluarga. Tentunya, makanan tersebut hanya bisa anda jumpai ketika berada di Manado.