Inilah Oleh-oleh Khas Ambon Favorit Para Pelancong

Ketika anda berkesempatan untuk mengunjungi kota Ambon, maka anda pun pastinya akan puas dengan suguhan alam yang mempesona. Selain itu, beragam makanan dan juga barang barang dari Ambon ini pun cocok untuk anda bawa pulang. Untuk itu, di dalam ulasan kali ini akan dibahas beberapa oleh oleh khas Ambon yang bisa untuk anda berikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Berikut simak ulasan selengkapnya :

1. Kacang Kenari

Untuk anda yang merupakan penggemar kacang, maka anda pun wajib membawa pulang oleh oleh satu ini ketika berada di Ambon. Karena pohon kenari merupakan salah satu pohon yang banyak ditanam di tanah Maluku, sehingga tak mengherankan ketika tempat satu ini banyak memiliki produksi yang terbuat dari kacang kenari.

Sehingga ketika anda sedang berkunjung ke daerah satu ini, maka anda bisa membawa pulang buah tangan berupa kacang kenari. Kacang satu ini pun tak hanya dijual secara kiloan saja, melainkan kacang kenari juga dijual dengan cara dipanggang maupun dalam keadaan mentah. Kacang satu ini pun juga sering kali digunakan sebagai salah satu bahan masakan ketika di Ambon. Sehingga anda pun akan mudah menjumpai di pasar maupun toko oleh oleh yang ada di Ambon.

2. Rempah Rempah

Selain itu, oleh oleh lain yang bisa untuk anda bawa pulang ketika berada di Ambon adalah rempah rempah. Pastinya anda pun mengetahui bahwa alasan dari bangsa Eropa datang ke Maluku adalah dikarenakan rempah rempah yang ada di tanah ini sangatlah berlimpah. Untuk itu, ketika berada di Ambon, maka anda pun juga bisa untuk membeli beragam jenis rempah seperti cengkeh kering, bubuk kayu manis hingga asinan pala.

3. Kue Sagu

Salah satu kue yang berasal dari pohon sagu ini merupakan buah tangan yang bisa anda berikan kepada keluarga yang ada di rumah. Pada umumnya, tanaman sagu ini pun akan sering kali diolah menjadi beberapa makanan. Sebut saja seperti papeda, bagean, serut dan tentu saja kue sagu. Dapat dikatakan bahwa kue satu ini merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Ambon.

Sehingga anda pun bisa mencoba cicipi makanan satu ini ketika sedang berkunjung ke Ambon. Selain itu, anda pun bisa membawanya pulang untuk diberikan kepada kerabat anda, sehingga keluarga anda pun bisa mencoba makanan satu ini. Mungkin anda pun akan menemukan kue sagu ini di tempat tinggal anda, namun rasanya tentu saja akan sangat berbeda ketika anda membeli kue sagu yang asli dari Ambon.

4. Ampas Terigu

Roti Ampas Terigu Ambon

Meskipun memiliki nama yakni ampas terigu, namun makanan ini merupakan salah satu makanan yang memiliki rasa lezat. Masih satu kelompok dengan roti rotian, maka nantinya anda pun akan bisa mengonsumsi jenis roti yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Ambon sembari minum teh di kala sore hari. Bagi anda yang penarasan, maka ampas terigu ini dapat anda jadikan sebagai oleh oleh khas Ambon yang bisa untuk anda bawa pulang.

Hal yang membuat beda dari ampas terigu dengan roti lainnya adalah roti ini merupakan roti yang dibuat tanpa pabrik. Sehingga warga warga sekitar yang ada di Ambon membuat sendiri roti tersebut. Adapun campuran yang ada di dalam ampas terigu ini antara lain adalah gula merah, bubuk kayu manis dan juga kelapa parut atau kelapa cincang. Nantinya roti satu ini akan menghasilkan aroma yang sangat sedap dan memiliki rasa yang enak.

5. Ikan Asar

Oleh oleh lainnya yang bisa anda bawa pulang saat berada di Ambon adalah ikan asar. Bagi anda yang baru saja mendengar jenis ikan satu ini, maka ikan asar dapat dikatakan merupakan makanan dari ikan yang diasap dengan tambahan berbagai bumbu dan juga rempah rempah khas Maluku. Selain itu, ikan satu ini pun akan sangat cocok dikonsumsi dengan menggunakan nasi hangat.

Untuk itu, oleh oleh satu ini pun sangat cocok untuk anda berikan kepada keluarga di rumah. Atau anda pun bisa membeli ikan asar ini untuk dikonsumsi pribadi. Perlu diketahui bahwa makanan satu ini merupakan salah satu makanan favorit wisatawan ketika berkunjung ke Ambon. Sehingga pemerintah daerah pun menyediakan tempat khusus yang digunakan sebagai lokasi khusus untuk menjual ikan asar.

6. Besi Putih

Selain makanan, maka ketika berada di Ambon maka anda pun juga bisa untuk membeli besi putih yang cantik. Besi putih pun memiliki sejarah yang cukup menarik yakni kapal kapal dari para penjajah ini berperang di daerah Banda untuk merebut rempah rempah. Kemudian, kapal tersebut tenggelam di bawah laut Banda dengan bertahun tahun lamanya. Untuk itu, momen ini pun dimanfaatkan oleh masyarakat Ambon.

Dimana besi besi yang berasal dari kapal tersebut diubah menjadi besi putih yang sangat apik. Untuk kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi, pastinya besi ini tak akan bisa berkarat hingga bertahun tahun lamanya. Sehingga bagi anda yang ingin mencari oleh oleh khas Ambon, maka benda ini pun dapat dijadikan buah tangan yang cocok untuk kerabat anda.

7. Butiran Mutiara

Ambon merupakan kota yang terletak di bagian pesisir sehingga tak heran jika tempat satu ini akan menghasilakan hasil laut yang berlimpah. Hasil laut tersebut juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, salah satunya adalah mutiara. Jika anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi kota satu ini dan bingung mencari oleh oleh, maka butiran mutiara adalah salah satu buah tangan yang cocok untuk anda bawa pulang.

Untuk butiran mutiara ini sendiri biasanya akan terdapat dua jenis butiran yakni butiran mutiara air asin dan juga butiran mutiara air tawar. Bagi anda yang menginginkan butiran mutiara yang memiliki harga terjangkau, maka anda pun bisa membeli butiran mutiara air tawar. Akan tetapi, jika anda ingin untuk mencari mutiara yang memiliki kualitas terbaik, maka anda pun bisa memilih butiran mutiara yang berasal dari air tawar.

8. Kerajinan Kerang

Selain butiran mutiara, maka hasil laut lainnya yang bisa untuk anda jadikan oleh oleh khas Ambon adalah kerajinan kerang. Perlu diakui bahwa masyarakat Ambon merupakan orang yang kreatif. Sehingga cangkang kerang yang tidak berharga tersebut dapat diubah menjadi sesuatu yang indah. Olahan dari kerajinan kerang ini pun dapat diubah menjadi gelang, cincin dan juga hiasan dinding yang bisa anda jadikan buah tangan.

Untuk itu, ketika anda sempat berkunjung ke Ambon maka anda pun juga bisa membawa pulang beberapa buah tangan tersebut. Sehingga nantinya anda akan bisa menyimpan beberapa kenangan yang bisa anda pulang saat mengunjungi salah satu kota di Maluku ini. Beragam buah tangan tersebut memiliki rasa yang unik sehingga anda pun belum tentu menemukannya di tempat lain.