Minuman Menyegarkan Khas Surabaya

Sebagai negara yang diwariskan dengan kekayaan alam dan kebudayaan, sudah sewajarnya jika di setiap daerahnya memiliki keunikan tersendiri. Tidak terkecuali dengan kota Surabaya, yang ternyata menyimpan berbagai wisata kuliner lezat yang siap menggoyang lidah. Bukan hanya makanannya saja, namun rasa minuman khas Surabaya dirasa sesuai dengan suhu udaranya yang cenderung panas. Berikut sederet rekomendasinya untuk anda :

1. Es Teler Tanjung Anom

Sekali menyantap minuman satu ini, anda akan dibuat ketagihan dan tidak ingin berhenti menyantapnya. Yang membuatnya begitu istimewa terlihat dari adanya perpaduan kelapa muda, alpukat yang terasa lembut di mulut, potongan nangka yang beraroma kuat, mutiara, serta beberapa potong es yang kemudian dicampurkan dengan kelapa muda. Ketika semua bahan tersebut bersatu, maka terciptalah rasa yang tidak bisa ditolak siapapun.

2. Es Pisang Ijo

Minuman yang tak kalah sedap untuk disantap dikala terik matahari sedang menyerang adalah es Pisang Ijo. Kuliner populer ini terbuat dari pisang raja yang sudah matang dan memiliki kualitas baik, air daun suji, tepung beras, serta sirup berwarna pandan sebagai pelengkapnya. Dalam penyajiannya sendiri, buah pisang akan dipotong menjadi beberapa bagian lalu disiram menggunakan sausnya. Agar lebih nikmat, ditambahkan sirup merah yang siap menggugah selera.

Kuliner yang menggunakan pisang sebagai bahan utamanya ini, terlihat menggoda dengan adanya lumuran fla yang tampak halus nan lembut. Untuk meningkatkan cita rasanya, tidak lupa Es Pisang Ijo dilengkapi dengan susu kental manis. Setiap porsinya, akan ditambahkan dengan es batu yang terasa menyegarkan ketika disantap dikala cuaca sedang panas. Apabila ingin memesan es pisang ijo spesial, anda akan mendapatkan tambahan taburan keju di bagian atasnya.

3. Pusat Degan

Degan masih menjadi minuman menyegarkan yang tidak bisa ditolak dikala cuaca sedang panas panasnya. Begitu pula ketika mengunjungi Surabaya yang dikenal akan suhu udaranya yang cukup menyengat, anda bisa melunturkan dahaga dengan mengkonsumsi pusat Degan. Di sepanjang perjalanan, terlihat beberapa pedagang es degan yang siap melayani setiap para pelanggan setianya dengan buah menyegarkan satu ini.

4. Es Pacar Keling

Minuman satu ini bisa dikatakan sebagai kuliner legendaris yang hingga kini masih dicari oleh masyarakat. Kuliner tersebut dibuat di sebuah warung milik Haji Mujiono yang telah berdiri sejak tahun 1978 silam. Meski dibuat di sebuah warung sederhana, rasa yang ditawarkan tidak sesederhana tempat pembuatannya sendiri. Yang membuat minuman khas Surabaya ini istimewa, terletak pada potongan buahnya cukup besar dan cukup lengkap.

Dengan ukurannya yang jumbo, dijamin anda akan merasakan kepuasan sendiri ketika menyantapnya. Sedangkan isian dari Es Pacar Keling sendiri terdiri dari nanas, kelapa muda, anggur, mangga, melon, nangka, apel, dan sawo yang kemudian disajikan di dalam sebuah mangkuk berukuran jumbo. Sebagai pelengkapnya, semua buah tersebut akan disiram menggunakan sirup beraroma durian ataupun sirup tanpa rasa khusus bagi yang tidak menyukai durian.

5. Ice Juice Purnama

Selain Es Pacar Keling, ada satu lagi minuman legendaris yang wajib dicicipi ketika berada di kota Surabaya. Minuman tersebut tersedia sebagai menu andalan pada salah satu depot, yang ternyata telah dibuka sejak tahun 1969 silam. Cukup mudah untuk menemukan depot sederhana satu ini, pasalnya lokasinya memang berdekataan dengan gedung bekas biskop Purnama yang kemudian diberikan nama Ice Juice Purnama Ria.

Ketika mendatanginya langsung, anda bisa mengetahui betapa istimewanya minuman legendaris satu ini. Bagaimana tidak, minuman ini diracik di dalam sebuah mangkuk terlebih dahulu sebelum dituangkan ke dalam gelas berukuran jumbo. Sesuai dengan ukuran gelasnya, satu porsi minuman ini dianggap cukup melimpah bahkan mampu membuat perut kenyang hanya dengan mengkonsumsinya saja.

Sebagai salah satu kota terbesar di Jawa Timur, kota Surabaya banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selagi berada di kota tersebut, jangan lupa untuk mencicipi berbagai minuman lezat khas dari Surabaya untuk melepaskan dahaga. Dijamin rasa dan kesegaran minuman tersebut, akan memanjakan lidah dan perut anda. Bahkan sejak pertama kali mencobanya, anda akan dibuat ketagihan tanpa bisa berhenti memikirkannya.