Minuman Khas Solo Yang Bikin Ketagihan

Selama ini, para pelancong yang singgah di kota Solo lebih berfokus pada keunikan wisata budayanya semata. Padahal jika dikulik lebih dalam, wisata kuliner tak kalah menarik untuk dicoba selagi berlibur disana. Bukan hanya makanan beratnya semata, namun anda juga bisa mencicipi aneka minuman khas Solo yang siap menggoda selera. Dari sekian banyaknya pilihan, berikut sederet rekomendasi minuman dari Solo yang tak boleh dilewatkan :

1. Wedang Asle

Lebih nikmat jika dikonsumsi ketika masih hangat, dimana minuman ini mampu menjadi teman terbaik ketika menikmati suasana malam ketika berada di kota Solo. Uniknya minuman ini tidak disajikan di dalam gelas seperti minuman pada umumnya, melainkan disajikan menggunakan mangkok berkuran mungil. Cara mengkonsumsinya pun dengan cara disendok bukan diseruput, sehingga tampak unik dan memberikan pengalaman baru.

Salah satu alasan kenapa cara menikmati minuman ini dengan cara disendok, lantaran satu mangkoknya berisikan berbagai makanan. Mulai dari potongan agar agar, ketan putih yang terasa manis, dan roti tawar yang disiramkan menggunakan santan hangat. Untuk bisa mencicipi satu porsinya, anda tak perlu mengeluarkan dana terlalu banyak. Dengan harga ramah di kantong, rasa dan khasiatnya sudah dapat diterima oleh tubuh.

2. Wedang Uwuh

Minuman satu ini cukup unik terdengar, pasalnya uwuh dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai sampah. Nama tersebut didapatkan dari tampilannya yang memang seperti tumpukan sampah yang kemudian diseduh menggunakan cangkir. Meski namanya sedikit nyeleneh, akan berbanding terbaik jika sudah berbicara mengenai khasiat dan rasanya. Oleh karenanya, jangan lewatkan kesempatan emas untuk mencicipinya ketika berada di Solo.

Wedang Uwuh dapat dikatakan sebagai minuman herbal tradisional dari Solo. Pasalnya satu porsi minumannnya terbuat dari campuran berbagai tanaman obat seperti kapulaga, kayu manis, secang, jahe, daun pala, serai, pala, dan juga gula batu. Jika semua bahan tersebut dicampurkan dalam satu tempat, maka tampilannya tampak seperti sampah. Namun ketika dikonsumsi, akan ada segudang manfaat yang akan diterima oleh tubuh.

3. Wedang Ronde

Berjalan jalan santai di kota Solo, mungkin anda sudah tidak lagi asing melihat sederet pedagang kaki lima yang menawarkan wedang ronde. Minuman khas Solo ini sangat cocok dikonsumsi ketika udara sedang dingin dengan berbagai isian di dalamnya. Beberapa isiannya tersebut terdiri dari acang tanah sangrai, mochi ketan, roti tawar dipotong dadu serta kolang kaling yang disiram menggunakan air jahe.

4. Es Dawet Jeruk Nipis

Usai membicarakan minuman yang menghangatkan tubuh, kini saatnya membicarakan aneka minuman menyegarkan ketika dikonsumsi dikala sinar matahari sedang terik teriknya. Dalam kondisi tersebut, anda bisa mengkonsumsi es dawet jeruk nipis sebagai solusinya. Dijamin rasanya asam dari perasan jeruk nipisnya, akan berpadu mersra dengan rasa ketan merahnya yang terasa manis di lidah. Sejak pertama mencobanya, dijamin anda akan dibuat ketagihan.

5. Es Teler Kobar

Dilihat dari tampilannya saja, mungkin anda menyadari bila Es Teler Kobar bak koktail buah ala dari tanah air. Untuk bisa mencicipi kelezatannya, anda bisa mendatangi salah satu tempat nongkrong hits bernama Es Kobar. Dalam satu porsinya terdapat berbagai buah segar seperti nangka, kelapa muda, alpukat, cincau, dan masih banyak jenis buah lainnya. Sebagai pelengkapnya ditambahkan pula susu kental manis, santan, gula, sedikit garam dan daun pandan.

6. Es Potjong

Beberapa waktu belakangan, es satu ini cukup populer dicari oleh masyarakat Solo. Padahal jika mendengar namanya saja, sudah berhasil membuat bulu kuduk berdiri dan ingin segera menyudahi bercakapan tersebut. Dibalik namanya yang seram, ternyata sangat berbanding terbalik dengan kenikmatan yang ditawarkannya. Sejak tegukan pertama, anda bisa merasakan kesegaran esnya yang bercampur dengan berbagai bahan lainnya.

Puas mencicipi makanan khas dari suatu daerah, terasa kurang lengkap jika belum mencicipi aneka minuman khasnya. Begitu pula ketika berkunjung ke kota Solo, pastikan untuk tidak melewatkan aneka minuman yang siap memanjakan lidah anda. Jika sinar matahari sedang terik teriknya, anda dapat menikmati beberapa jenis es sebagai alternatifnya. Namun ada pula berbagai jenis wedang yang dapat menghangatkan tubuh dikala malam tiba.