Minuman Khas Semarang Yang Wajib Dicoba

Semarang merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah yang cukup ramai dikunjungi para pelancong. Bukan karena keindahan alamnya semata, namun banyak pula yang datang dari jauh hanya untuk mencicipi kelezatan aneka minuman khas Semarang yang tidak mungkin bisa ditemukan di daerah lainnya. Daripada penasaran dengan cita rasanya, simak saja ulasan lengkap tentang sederet rekomendasi minuman melegenda dari kota Semarang berikut ini :

1. Es Conglik

Kian bertambahnya usia bumi, semakin banyak pula varian rasa dan bentuk dari es krim. Salah satu es krim unik dengan cita rasa luar mantap dapat ditemukan di Semarang, dimana masyarakatnya seringkali menjulukinya Es Conglik atau es putar. Bahkan proses pembuatannya sendiri sudah tampak menarik, pasalnya hingga kini masih menggunakan teknik manual ketika menyerut esnya.

Meski disebut sebagai es putar, namun ada yang membedakannya terasa istimewa dari es putar kebanyakan. Letak keistimewaannya terletak dari bahan pembuatannya yang tanpa ditambahkan dengan pemanis buatan ataupun pengawet sedikitpun. Dengan kata lain, es satu ini sangat aman dikonsumsi bagi siapapun yang ingin mencobanya. Terdiri dari berbagai varian berbeda, dimana anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.

2. Wedang Tahu

Jika di daerah lain dapat ditemukan wedang jahe, maka di Semarang anda akan menemukan minuman khas bernama wedang tahu. Kuliner satu ini cukup unik, pasalnya dapat dijadikan sebagai makanan namun juga bisa dikatakan sebagai minuman. Pembuatannya sendiri menggunakan campuran gula jawa, kembang tahu, serta jahe sebagai pelengkapnya. Dengan adanya campuran jahe, minuman ini pun terasa manis sekaligus mampu menghangatkan tubuh.

3. Wedang Kacang

Nama minuman satu ini memang hampir serupa dengan wedang tahu, namun isian dan rasanya tidaklah sama. Bahkan sesuai dengan nama yang diberikannya, wedang satu ini terbuat dari campuran kacang tanah dan juga kacang hijau. Umumnya para pedagang akan menyajikan minuman ini selagi hangat di dalam sebuah wadah mangkuk khusus. Agar rasanya semakin nikmat, bahan utamanya akan direbus dengan kuah jahe lalu ditambahkan aneka rempah.

4. Jamu Jun

Jika berbicara mengenai jamu, hal pertama yang telintas di pikiran yaitu pembuatannya yang menggunakan berbagai rempah pilihan dan rasanya yang sedikit aneh jika memang belum terbiasa. Namun minuman khas Semarang ini tampak berbeda daripada jamu yang sering ditemui di tempat lainnya. Pasalnya pembuatan jamu jun terbuat dari campuran tepung ketan, santan, tepung beras, air, gula pasir, daun pandan, gula jawa, dan aneka empah  rempah lainnya.

5. Es Cao Gang Lombok

Kota Semarang memang dikenal sebagai daerah dengan suhu udara yang cukup panas jika dibandingkan dengan daerah di sekitarnya. Terutama jika anda berkunjung di siang hari, dijamin panasnya sinar matahari terasa menggoda untuk mencicipi minuman dingin khas dari Semarang. Dalam kondisi tersebut, tampaknya Es Cao gang Lombok bisa menjadi solusi melepaskan dahaga. Bahkan isiannya cukup banyak, sehingga mampu memberikan kepuasan tersendiri.

6. Es Pankuk Pak Yono

Saat cuaca sedang cerah, rasanya paling nikmat sembari menikmati minuman dingin seperti es pankuk dari Semarang. Minuman satu ini termasuk kuliner legendaris yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Untuk bisa mencicipinya, silahkan langsung meluncur ke warung es pankuk Pak Yono yang ternyata sudah berdiri sejak tahun 1950 silam. Dilihat dari tampilannya memang biasa saja, namun jika menyangkut soal rasa sudah beda lagi ceritanya.

Selai dari segi rasanya, ada hal yang membuat minuman satu ini semakin istimewa untuk dicoba. Sebab, es ini nantinya akan dipadukan dengan irisan roti serta pankek yang membuatnya semakin nikmat ketika disantap. Dengan perpaduan lembut dan manisnya es yang dipertemukan dengan rasa pankek yang lezat, dijamin akan memanjakan lidah sejak pertama kali mencobanya.

Selagi berjalan jalan santai ke kota Semarang, jangan pernah lupa untuk mencicipi aneka kuliner tradisionalnya sebagai pelengkap aktifitas berlibur anda. Kuliner yang dimaksud bukan hanya sebatas makanannya saja, melainkan minuman segar yang siap menyegarkan tubuh. Tak sulit untuk menemukannya, sebab para pedagang kaki lima pun masih banyak yang tengah menjajakan aneka minuman khas dari Semarang.