Minuman Khas Betawi Yang Masih Eksis Hingga Kini

Jakarta, dibalik gelarnya sebagai kota metropolitan yang dipadati penduduk, ternyata menyimpan berbagai wisata kuliner yang siap memanjakan para tamunya. Selagi berada disana, jangan lupa mencicipi aneka minuman khas Betawi sebagai pelengkapnya. Rasa minumannya yang begitu lezat, dijamin mampu menghadirkan rasa ketagihan untuk mencicipinya kembali. Daripada bingung memilih, berikut rekomendasi minuman betawi yang wajib dicoba.

1. Bir Pletok

Meski namanya mengandung embel embel kata bir, nyatanya minuman ini tidak mengandung alkohol sedikitpun. Justru minuman ini sangat baik dikonsumsi oleh tubuh, lantaran terbuat dari aneka rempah alami yang tentunya kaya akan khasiat. Umumnya minuman tradisional ini banyak disajikan dalam berbagai cara adat Betawi sebagai pendamping aneka camilan lainnya.

2. Es Doger

Namanya tak lagi asing terdengar, dimana di setiap daerah pasti ditemukan setidaknya satu dua pedagang yang menawarkan es Doger. Siapa sangka tenyata minuman menyegarkan dan berwarna merah muda ini berasal dari kota Jakarta. Agar rasanya semakin nikmat, ditambahkan berbagai isian yang siap memanjakan perut yang sedang kelaparan. Dimana isiannya terdiri dari ketan hitam, tape singkong, roti tawar, es serut, serta sirup dan susu kental manis.

Minuman dengan beragam isi ini sangat cocok dikonsumsi dikala lapar dan haus sedang menyerang. Dimana isiannya sendiri akan membuat perut kenyang, sedangkan esnya mampu menghilangkan rasa haus karena terik mataharinya yang begitu menyengat di kulit.  Sejak gigitan pertama, anda akan merasa ketagihan dan ingin segera menghabiskan minuman tersebut dalam sekali lahap.

3. Es Selendang Mayang

Bukan hanya menghilangkan haus semata, minuman satu ini mampu menghadirkan rasa kenyang ketika menyantap satu porsinya. Bagaimana tidak, es Selendang Mayang memang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu yang kemudian dibentuk bak agar agar. Sebagai pelengkapnya, isiannya tersebut akan disiramkan menggunakan kuah santan. Sehingga dalam sekali tegak, anda bisa merasakan kesegaran dan gurih dalam satu waktu.

Adanya perpaduan warna merah dan hijau pada adonan kuenya, akan mengingatkan anda pada sebuah selendang. Oleh karena tampilan uniknya tersebut, masyarakat pun menyebutnya sebagai es Selendang Mayang. Hanya saja, beberapa waktu belakangan minuman ini sudah mulai jarang ditemukan di berbagai sudut kota. Padahal minuman satu ini menjadi salah satu warisan yang harusnya terus dilestarikan.

4. Es Goyang

Mendengar namanya saja, mungkin anda sudah mengerutkan kening dan tidak percaya dengan apa yang baru saja terdengar. Pemberian nama minuman khas Betawi ini diambil dari cara membuatannya sendiri, dimana para penjual akan menggoyangkan gerobak dagangannya sebelum menyajikan es goyang kepada para pelanggannya. Bahkan es satu ini digemari dari berbagai kalangan, mulai dari anak anak hingga orang dewasa sekalipun.

Yang membuat es ini begitu istimewa dan sangat dirindukan, lantaran rasanya yang begitu lezat dengan bentuknya yang memanjang bak lilin. Terdiri dari aneka varian rasa, dimana pelanggan dapat memilih sesuai dengan seleranya sendiri. Harganya pun dirasa ramah di kantong, sehingga wajar saja jika es satu ini masih bertahan sebagai kuliner lezat yang banyak digandrungi semua orang.

5. Es Cendol Betawi

Jika tertarik mencicipi minuman menyegarkan dan terasa manis di lidah, tampaknya es cendol Betawi bisa menjadi alternatif terbaik. Minuman tradisional satu ini terbuat dari tepung beras, yang kemudian disajikan bersama dengan es parut serta gula merah cair dan santan sebagai pelengkapnya. Bukan hanya segar dan terasa manis, anda juga bisa merasakan gurih dengan adanya penambahan santan di dalamnya.

Jika pergi ke daerah Sunda, kemungkinan masyarakat mengenalnya sebagai cendol. Namun beda halnya jika pergi ke daerah Jawa Tengah, dimana masyarakat menyebut minuman satu ini sebagai es dawet. Perbedaan nama tersebut tampaknya bukanlah masalah besar yang harus diperebutkan, pasalnya rasa dari minuman ini tetaplah tidak terbantahkan oleh siapapun yang sudah pernah mencicipinya.

Jika selama ini hanya mengenal budaya Betawi yang terlihat unik dan menarik dilihat, jangan sampai lupa bahwa mereka juga memiliki segudang kuliner lezat yang bisa dicicipi. Kuliner yang dimaksudkan disini bukan hanya sebatas makanannya saja, melainkan minumannya yang terasa menyegarkan. Sejak pertama kali mencobanya, anda akan dibuat takjub tiada henti dengan cita rasa aneka minuman khas Betawi yang ditawarkannya.