Macam-macam Sayuran Beserta Manfaatnya

Sejak kecil para orang tua sudah harus membiasakan anaknya untuk tidak terlalu pemilih terhadap makanan dan tidak menyisihkan sayuran. Meski kaya akan nutrisi baik bagi tubuh, sayangnya sebagian orang merasa tidak tertarik untuk mencobanya karena tampilannya yang dianggap kurang menarik.

Oleh karena itu sejak dini perlu dikenalkan apa saja sayuran yang bagus untuk tubuh kita. Agar lebih bersemangat mengkonsumsinya, mari kita simak macam macam sayuran bergizi serta manfaatnya bagi tubuh kita berikut ini :

Macam-macam Sayuran Beserta Manfaatnya

1. Daun Singkong

Jika anda pecinta masakan padang yang terkenal akan kelezatannya, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan olahan kuliner dari daun singkong. Umumnya singkong yang ditawarkan pada menu masakan padang, lalu diolah dengan cara direbus hingga matang lalu ditambahkan dengan kuah yang telah dicampurkan dengan aneka rempah pilihan. Meski terkesan sederhana, namun rasa dan khasiat yang didapatkan tidak dapat diduakan.

Bagaimana tidak, sayur menyehatkan ini mengandung protein dan zat besi yang cukup tinggi, vitamin A, serta vitamin C. Bahkan dapat dikatkan bahwa kandungan zat besi yang dimiliki oleh daun singkong, setara dengan sayur bayam. Sedangkan kandungan protein daun singkong empat kali lebih besar dibandingkan dengan sayur bayam. Begitu pula dengan kandungan vitamin A yang berjumlah dua kali lipat dari bayam.

2. Bayam

Hingga saat ini, sayur bayam masih disebut sebagai salah satu sayur yang banyak digemari anak anak. Selain rasanya yang sedap, bayam dianggap memiliki tekstur yang lembut memudahkan untuk dikonsumsi siapapun. Bayam juga termasuk sayuran yang mudah untuk diolah, dimana kita bisa membuatnya menjadi berbagai jenis sayuran seperti sayur bening, sayur lodeh atau sayur asam.

Bahkan popularitas bayam pada tahun 90an, sempat menaik tajam sejak kemunculan kartun popeye yang senang mengkonsumsi bayam. Berkat animasi tersebut, anak anak pun senang mengkonsumsi bayam tanpa dipaksa.

Melihat sang buah hati lahap mengkonsumsi sayur, orang tua mana yang tidak senang melihatnya. Rasa senang yang didapatkan bukan hanya karena si kecil yang doyan mengkonsumsi sayuran semata, namun bangga karena bisa memberikan makanan kaya akan gizi seperti bayam. Lantas apa saja kandungan nutrisi pada bayam? Sayur populer ini mengandung serat dan dikatakan sebagai sumber zat besi yang cukup tinggi.

3. Kangkung

Pernahkah anda mendengar mitos yang mengatakan jika mengkonsumsi sayur kangkung menyebabkan kantuk? Sesuai dengan nama yang diberikan, hal tersebut hingga kini masih belum diketahui kebenarannya. Dengan kata lain, siapapun yang mengkonsumsi sayur menyehatkan ini tidak akan mendapatkan kerugian sedikitpun. Bahkan jika dikulik lebih dalam, anda justru dibuat terkagum kagum dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya.

Kandungan nutrisi yang pada sayur kangkung cukup melimpah, seperti adanya vitamin A dan vitamin C meski jumlahnya tidak setinggi pada sayur bayam. Sedangkan vitamin B kompleksnya, dipercaya dapat memberikan efek ketenangan pada pikiran. Kemungkinan besar, hal inilah yang menyebabkan seseorang menjadi mengantuk usai mengkonsumsi kangkung. Sebab jika pikiran menjadi lebih tenang, tubuh akan lebih rileks dan terasa santai.

Bahkan para ahli mempercayai bahwa sayur menyehatkan ini sangat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, anti penuaan, anti diabetes, mengobati anemoa, mencegah radikal bebas sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh salam satu waktu. Dengan begitu, tubuh akan terlindungi dengan baik dari berbagai penyakit yang akan merusak tubuh. Selain itu, ekstrak kankung diyakini mampu menyerap gula dengan baik, sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes.

4. Sawi

Mie ayam merupakan salah satu makanan yang banyak digemari lantaran rasanya yang sedapĀ  dan mengenyangkan. Umumnya makanan satu ini akan ditambahkan dengan sayur sawi dan potongan daging ayam sebagai pelengkapnya. Sejak gigitan pertama, anda bisa merasakan kesegaran sayur tersebut dan berpadu mesra dengan kelembutan mie ayamnya. Meski mengenal macam macam sayuran, namun apakah anda mengetahui kandungan di dalam sawi?

Sayur sehat satu ini mengandung mineral serta vitamin yang cukup tinggi, itulah mengapa saat gigitan pertama sudah bisa merasakan kesegaran air yang dikeluarkan dari daunnya. Beberapa kandungan nutrisi lain yang terkandung pada sawi seperti vitamin C, vitamin E, beta karoten, serta glukosinolat akan berperan penting sebagai antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Tanaman menyehatkan satu ini juga mengandung kalsium, asam folat, serta magnesium yang dipercaya baik untuk tulang. Sedangkan kandungan seratnya yang tinggi, akan sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Tawarkan segudang nutrisi baik bagi tubuh, tubuh pun tetap sehat dan dijauhkan dari penyakit berbahaya selama anda mengkonsumsinya dengan rutin.

5. Seledri

Ukurannya memang cukup mungil, namun potongan seledri berperan penting untuk menambah kenikmatan pada kuliner yang disantap. Selain sebagai toping tambahan, siapa sangka jika sayur berbentuk mungil ini disebut sebagai sumber mineral yang cukup melimpah. Beberapa mineral yang dikandungnya seperti kalium, zat besi, hingga kalsium terkemas rapi di dalam tubuh si seledri.

Selain mengandung mineral, sayuran sedap ini juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Belum cukup sampai disana, sayuran sehat ini dikaruniai beberapa komponen aktif yang menghadirkan berbagai manfaat baik bagi tubuh. Komponen aktif pertama bernama phthalides yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, serta komponen aktif bernama coumarin dan acetylenics yang berfungsi mencegah perkembangan sel kanker.

Beberapa manfaat lain yang didapatkan ketika mengkonsumsinya secara rutin seperti menurunkan tekanan darah, menghentikan pendarahan, pembersihan darah atau detoks, peluruh kencing, peluruh haid, menghentikan sel kanker, anti kejang, memperbaiki perendian seperti tulang dan jaringan ikat, menghambat pertumbuhan sel tumor, dan masih banyak manfaat lainnya.

6. Brokoli

Bentuknya yang menggemaskan bak pohon berbentuk mini, brokoli merupakan salah satu sayur dari berbagai macam macam sayuran yang cukup populer di berbagai usia. Bukan hanya soal rasa, namun lebih kepada kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa kandungan nutrisi pada sayuran yang berasal dari negara Italia ini tidak hanya sekitar serat, mineral, dan juga vitamin semata.

Kandungan antioksidan seperti sulforaphane dan lutein pada brokoli, siap memberikan perlindungan dengan cara menurunkan resiko penyebab kanker. Bahkan ahli kesehatan menyarankan para penderita penyakit jantung untuk mengonsumsi sayur sehat ini. Belum cukup sampai disana, ada beberapa manfaat lain yang didapatkan ketika mengkonsumsi brokoli secara rutin. Apa saja manfaatnya ?

Beberapa khasiat mengkonsumsi brokoli yaitu membangkitkan sistem imun tubuh, melawan penyakit jantung, melawan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi, mempercantik kulit, bermanfaat bagi ibu hamil, melawan kanker, melancarkan sistem pencernaan, membantu menurunkan depresi, hingga memperkuat sistem saraf bagi ibu dan sang bayi. Agar lebih nikmat tanpa bosan mengkonsumsinya, brokoli telah diolah menjadi aneka kuliner sehat.

7. Timun

Setiap membeli lalapan favorit, umumnya para penjual akan menyusupkan beberapa sayuran tidak terkecuali timun. Namun mirisnya, sayur menyegarkan ini justru sering berakhir di pinggiran piring tanpa tersentuh sedikitpun. Entah karena lupa memakannya atau memang tidak doyan, apakah anda salah satu pelakunya ? Sebelum melakukan kesalahan yang sama, tampaknya penting untuk mengetahui apa saja kandungan di dalamnya.

Folat merupakan salah satu nutrisi yang dapat ditemukan pada timun. Kandungan nutrisi ini, berperan penting untuk mengurani resiko terkena berbagai penyakit seperti jantung dan depresi. Beberapa kandungan lain pada timun yang tidak boleh diremehkan yaitu mangan, serat, magnesium, klorofil, dan lutein. Sayur satu ini juga dipercaya mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengingat kandungan airnya yang cukup melimpah.

Sayur gurih nan segar ini mengandung vitamin C yang cukup melimpah, sehingga wajar saja jika timun seringkali dimanfaatkan sebagai perawatan kesehatan kulit. Umumnya perawatan kulit ini dilakukan dengan menempelkan potongan tipis timunnya pada seluruh area wajah. Bahkan berbagai produk perawatan kecantikan, telah mengandalkan timun sebagai bahan pembuatannya. Dengan kata lain, khasiat pada sayur ini tidak perlu lagi diragukan.

8. Kubis

Sayur dengan kandungan nutrisi melimpah selanjutnya yaitu kubis. Beberapa nutrisi yang terkandung didalamnya seperti potasium, zat besi, vitamin A, vitamin B komplek, mineral, mangan, khrom, fosfor, serta antioksidan yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi kubis, anda akan ditawarkan dengan berbagai khasiat agar tubuh terhindari dari penyakit berbahaya.

Beberapa manfaat tersebut seperti baik bagi sistem pencernaan, melindungi kekuatan tulang dan gigi, melindungi sistem saraf, memberikan perlindungan kepada ginjal, melawan sel kanker, melawan penyakit jantung, menjaga kesehatan kulit, serta melawan influenza dengan sangat baik. Banyaknya khasiat yang diberikan, apakah anda yakin tidak ingin mengkonsumsinya lebih sering lagi ?

9. Buncis

Macam macam sayuran dapat ditemukan dengan mudah di pasaran, tidak terkecuali sayur buncis. Sayuran ini mengandung berbagai nutrisi baik bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, mangan, serat, kalium, zat besi, serta folat. Sedangkan kandungan antioksidan yang dimilki oleh buncis, dipercaya bagus untuk menjaga kesehatan jantung anda. Kemudian kandungan seratnya, dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit diabetes 2 dan inflamasi.

10. Pare

Sejak pertama kali mencobanya, tidak semua orang langsung jatuh cinta dengan si sayur satu ini. Jika dibandingkan dengan sayur lainnya, pare dianggap memiliki rasa pahit yang cukup kuat. Meski begitu, sebagian orang lainnya justru merasa ketagihan dan ingin mengkonsumsinya kembali di lain waktu. Rasa boleh saja tidak disukai, namun jika sudah berbicara mengenai kandungan nutrisi di dalamnya maka anda akan dibuat tidak bergeming.

Bagaimana tidak, sayur ini mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik bagi sistem pencernaan manusia. Selain serat, pare juga mengandung beberapa kandungan lainnya yang tentunya tak kalah penting untuk dipenuhi. Mulai dari viamin A, vitamin C, zat besi, serta kalsium sudah terkemas dalam satu wadah yang diberi nama sayur pare. Jika ingin mendapatkan semua nutrisi tersebut, mengkonsumsi pare bisa menjadi solusinya.

Dibalik rasanya yang kurang dikusai, sayur menyehatkan ini mendatangkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Contohnya saja seperti menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, hingga menurunkan kolesterol bisa didapatkan hanya dengan mengkonsumsi pare. Sedangan komponen aktif pada sayur ini, dipercaya mampu meningkatkan imun kekebalan tubuh.

11. Wortel

Termasuk sebagai salah satu jenis umbi umbian, wortel termasuk sayuran yang banyak digemari oleh anak anak maupun orang dewasa. Selain rasanya yang gurih dan manis, kandungan di dalamnya dirasa mampu mendatangkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan anda sering mendengar orang tua menyarankan anaknya mengkonsumsi wortel, agar mata tetap sehat dan cantik.

Tampaknya pernyataan tersebut ada benarnya, pasalnya sayur berwarna orange segar ini memang mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Selain vitamin A, masih ada sederet daftar nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Beberapa nutrisi tersebut terdiri dari natrium, kalori, kalsium, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, niacin, lemak, fosfor, serat, air, serta karbohidrat. Setelah mengetahui kandungannya, lalu apa manfaatnya bagi tubuh ?

Rajin mengkonsumsi wortel, secara tidak langsung anda telah menabung kesehatan tubuh sejak dini. Sebab sayuran berwarna cerah ini mendatangkan segudangĀ  khasiat bagi tubuh seperti menghambat sekaligus melawan semua jenis kanker, menyehatkan mata, mencegah terkena rabun senja, menguatkan saraf, meningkatkan ketahanan usus besar, memelihara kecantikan kulit, menyehatkan gigi dan gusi, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

12. Tomat

Tomat merupakan salah satu dari sekian macam macam sayuran yang memilki banyak penggemar. Dengan kesegarannya, bahkan beberapa orang senang mengkonsumsinya secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Dapat dengan mudah ditemukan di pasaran dan kerap diolah menjadi berbagai kuliner lezat yang menggoyang lidah, siapapun yang mencobanya akan dibuat ketagihan. Kira kira, apa saja kandungan nutrisi pada sayur satu ini?

Tomat mengandung beberapa nutrisi baik seperti karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, fosfor, kapur, vitamin C, niacin, serat, kalori, dan air yang cukup melimpah. Dengan semua kandungan di dalamnya, wajar saja jika tomat kerap kali dijadikan sebagai bahan alami perawatan kulit. Bahkan beberapa produk telah mengandalkan tomat sebagai salah satu bahan pembuatannya.

Mengkonsumsi tomat secara rutin ternyata mampu mendatangkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa khasiat yang akan dirasakan yaitu menjaga kesehatan mata, menceah pengumpalan darah, bersifat membuang racun, anti inflamasi, anti bakteri, mencegah pertumbuhan sel kanker, mencegah wasir dan sembelit, baik bagi kesehatan sistem pencernaan, serta bagus bagi kesehatan kulit.

13. Selada

Memilki banyak jenis, dimana setiap jenisnya ternyata mengandung nutrisi yang bervariasi. Selada Romaine disebut sebagai selada dengan kandungan nutrisi terbanyak jika dibandingkan dengan jenis selada lainnya. Beberapa kandungan nutrisinya terdiri dari vimamin A, vitamin B, vitamin C, kromium, mangan, serta asam folat. Sedangkan kandungan zat besi pada selada ini, dianggap mampu membantu pembentukan darah.

14. Kacang Panjang

Ketika mendengar kacang panjang, hal pertama yang terlintas di pikiran yaitu bentuknya yang memanjang dengan diameter cukup kecil. Jika umumnya sayur memanfaatkan bagian daun atau akarnya, maka bagian buah dari kacang panjang yang masih muda juga bisa diolah menjadi aneka kuliner lezat. Selain dari segi rasa, kandungan serat pada buahnya akan membantu anda melindungi sistem pencernaan.

Bukan hanya buahnya, daun kacang panjang ternyata juga dapat diolah menjadi sayuran hijau yang umumnya disebut sebagai lembayung. Mengandung nutrisi melimpah, bahkan sayur kacang panjang ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan obat yang berfungsi menyembuhkan berbagai penyakit. Setelah mengetahui macam macam sayuran sehat, diharapkan dapat meningkatkan semangat untuk lebih rajin mengkonsumsinya.

Aneka sayuran mengandungan nurtisi baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Meski awalnya kurang berminat mencobanya, namun sekali mencobanya maka selanjutnya akan ketagihan. Rasa semangat mengkonsumsi sayur pun akan semakin membara, ketika anda sudah mengetahui banyaknya kandungan nutrisi yang diberikan. Setelah mengetahui manfaatnya bagi tubuh, apakah anda berubah pikiran untuk menjadikannya sebagai makanan sehat favorit?