4 Jenis Kerusakan Jam Digital Masjid yang Sering Terjadi dan Solusinya

Saat jam digital masjid mengalami kerusakan, tentu saja hal tersebut akan sangat merepotkan bagi takmir dan jama’ah masjid. Tidak hanya sebagai hiasan atau pajangan semata, jam digital tersebut memiliki tugas untuk membantu tahmir masjid agar bisa adzan tepat waktu. Sehingga ketika mengalami kerusakan ada baiknya segera diatasi. Berikut ini beberapa jenis kerusakan yang bisa menimpa jam masjid yang digital dan cara mengatasinya.

Jenis Kerusakan Jam Digital Masjid

1. Semua Display Angka Mati

Ketika semua display angka pada jam mati, maka hal yang harus diperiksa pertama kali adalah daya adaptor jam. Periksalah apakah adaptor tersebut bermasalah atau tidak. Memang sudah banyak produsen jam digital khusus masjid yang membuat produk dengan baterai cadangan, namun hal tersebut hanya untuk membantu agar pengaturan tidak berubah ketika listrik mati. Ketika jam mati lama karena kerusakan, bisa jadi pengaturan jam perlu diulang lagi.

Namun kerusakan ini juga bisa disebabkan oleh konsleting pada aliran arus listrik. Untuk masalah satu ini, ada baiknya diperiksa oleh ahli elektronik. Namun secara umum, ketika display angka jam digital masjid mati maka coba periksa adaptor dan segera ganti. Jika masih tidak mau menyala coba periksa daya listrik. Jika ingin diperbaiki, jangan lupa untuk melakukan klaim garansi ke produsen.

2. Tampilan Display Angka Tidak Beraturan

Biasanya masalah satu ini dikarenakan adanya ketidakstabilan daya listrik. Tidak bisa dipungkiri, kestabilan ini merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga keawetan jam penanda sholat yang digital. Jika jam digital pada masjid Anda mengalami masalah ini, maka coba ganti adaptor kemudian reset ulang dan lakukan pengaturan kembali. Jika perlu, lakukan konsultasi kepada pihak produsen mengenai kerusakan yang terjadi.

3. Suara Beep Berbunyi Terus

Bunyi beep atau alarm merupakan tanda masuk waktu sholat. Selain itu juga sebagai tanda habisnya jeda diantara waktu adzan dan iqomah. Namun jika jam digital masjid berbunyi terus menerus, hal tersebut pertanda terdapat masalah pada jam sholat. Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda bisa melakukan reset ulang. Jika masih terjadi kerusakan, bisa ganti mesin sekaligus melakukan konsultasi kepada pihak produsen jam.

4. Jam Waktu Sholat Tidak Akurat

Ketika jam tidak akurat, maka waktu sholat bisa menjadi lebih cepat atau lebih lambat. Bisa juga, waktu yang berubah karena tidak akurat lagi sesuai dengan hari atau bulan. Meskipun jam sudah auto update, namun masalah satu ini masih bisa menimpa. Untuk itu, mungkin Anda bisa melakukan atur ulang jam sholat. Jika jam masih tidak akurat, tidak ada salahnya jika melakukan konsultasi kepada pihak produsen jam.

Terkadang ada saja masalah yang bisa menimpa jam masjid yang digital meskipun sudah dipasang sebaik mungkin. Namun masalah ini, bisa Anda minimalisir dengan cara membeli produk jam digital khusus masjid yang berkualitas baik. Anda mencari jam masjid yang digital dengan kualitas baik? Maka bisa mengunjungi kami di jamdigitalmasjid.id atau menghubungi kontak yang tertera.