Cara Setting Jam Digital Masjid Dengan Mudah

Jam dinding analog yang biasanya terpampang di masjid, kini sudah tergantikan dengan keberadaan jam digital. Penggunaan jam digital ini dinilai lebih cocok dan mendukung semua kegiatan ibadah di dalam masjid. Anda tidak perlu khawatir telat untuk melakukan jamaah di masjid, karena terdapat alarm dalam jam tersebut. Bagi anda yang masih bingung untuk mengatur jam digital masjid, mari kita intip cara setting jam digital masjid dengan mudah dan tepat berikut ini :

Cara Setting Jam Digital Masjid

1. Cara Setting Jeda Antara Adzan dan Iqomah

Fungsi utama dari jam digital adalah untuk mengetahui waktu shalat. Oleh karenanya anda harus mulai melakukan pengaturan jeda antara adzan dan iqomah agar lebih memudahkan. Fitur satu ini dinilai sangat penting karena sangat membantu para jamaah tentang berapa lagi mereka bisa bersiap. Untuk mengatur jeda antara adzan dan iqomah jam digital ini pun tidaklah sulit untuk dilakukan.

Anda hanya perlu memainkan tombol tambah (+) dan pengurang (-) untuk mengatur waktu yang dikehendaki. Jeda waktu sendiri sebenarnya bekerja dengan sistem countdown atau hitung mundur setelah adzan dikumandangkan. Sebagai contoh anda mengatur waktu 15 menit, maka jam akan berhitung mundur dan mulai mengumandangkan adzan jika waktunya telah habis. Alarm pun akan berbunyi sebagai pengingat telah waktunya iqomah dan jamaah harus segera dimulai.

2. Pengaturan Kalender dan Jam

Selain sebagai pengingat waktu salat, jam digital masjid juga memiliki fungsi sebagai pengaturan kalender dan jam. Caranya adalah dengan menekan tombol kemudian memilih pilihan kalender. Biasanya terdapat tombol (+) dan penanda (-) untuk mengurangi angka. Jika sudah maka pilihlah bulan dan hari dengan cara menekan tombol yang tersedia. Dengan begitu kelander dalam jam pun akan bisa berfungsi.

3. Pengaturan On/Off dan Standby

Perlu anda ketahui jika jam digital untuk masjid sudah dilengkapi dengan fitur on atau off dan juga standby. Fitur ini akan digunakan untuk menjadwalkan kapan jam digital menyala dan mati secara otomatis. Apabila anda mengatur waktu off pada pukul 9 malam, maka jam digital akan langsung mati dengan sendirinya pada waktu yang telah ditentukan. Begitu juga dengan waktu menyala, jam digital akan menyala secara otomatis pada jam yang sudah anda atur tersebut.

Untuk tombol standby sendiri memiliki fungsi untuk mematikan teks berjalan setelah alarm untuk iqomah berbunyi. Apabila anda mengatus waktu standby selama 10 menit, maka teks akan terus berjalan selama waktu yang telah ditentukan. Sebenarnya cara mengatur jam digital masjid ini berbeda beda, tergantung dari mesin yang ada di dalam perangkat tersebut.

Nah, demikian tadi adalah cara setting jam digital masjid dengan mudah dan tepat yang perlu anda lakukan! Semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi sekarang, terima kasih.