Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan yang Mengganggu

Punya bau badan yang tidak enak? Uh, tentunya nggak banget kan? Karena bau badan pasti akan mengganggu aktivitas dan membuat Anda tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu orang disekitar Anda. Coba bayangkan saja andai Anda berada disamping orang yang badannya bau, pasti akan membuat Anda risih dan tidak nyaman bukan?

Lalu apa yang terjadi jika bau badan yang tidak menyenangkan dan menyengat datang kepada Anda tanpa Anda sadari? Ya tidak sadar, tentunya karena kita sudah terbiasa dengan bau badan yang ada pada tubuh kita dan seringkali kita tidak menyadari bau badan yang ada pada tubuh kita sendiri. Sebenarnya apa yang menyebabkan bau badan yang tidak enak dan menyengat? Dan bagaimana menghilangkan bau badan secara permanen?

Perlu kita tahu bahwa penyebab bau badan adalah kelenjar keringat. Semua orang pasti memiliki kelenjar keringat. Biasanya keringat tidak berbau, tapi jika tetap menempel di kulit terlalu lama bahkan berjam-jam, hal itu akan menyebabkan masalah bau badan. Selama berkeringat bakteri yang secara alami ada di kulit akan berkembang biak dengan cepat sehingga bau badan menjadi tidak enak dan menyengat.

Keringat yang bau dihasilkan oleh kelenjar apokrin. Keringat sendiri dihasilkan oleh dua kelenjar penting di tubuh yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine adalah tempat dimana kelenjar yang tidak berbau dan sudah dimiliki sejak kecil. Biasanya berada di tangan, punggung dan dahi. Keringat yang sangat membantu untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu adalah kelenjar accrine ini.

Sedangkan bau badan yang tidak enak berasal dari kelenjar apokrin. Kelenjar ini jauh di dalam kulit. Biasanya, kelenjar ini ada di lipatan tubuh seperti ketiak. Karena ketiak memiliki pori-pori yang cukup besar untuk mengeluarkan keringat sehingga dapat menyebabkan keluarnya bau badan. Kelenjar ini mengeluarkan bakteri yang berperan dalam proses pembusukan. Akibatnya, ada bau badan yang tidak enak.

Kelenjar apokrin itu sendiri hanya aktif setelah pubertas. Bakteri ini bertahan dan berkembang biak di lingkungan yang lembab seperti ketiak. Makhluk mikroskopik ini akan memakan keringat dan akan diproses dalam sistem metabolisme mereka untuk menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan bau keringat seperti cuka, keju atau bawang.

Penyebab Bau Badan

Penyebab bau badan yang tidak enak adalah hasil eliminasi oleh bakteri yang mengonsumsi keringat Anda. Proses ini sepenuhnya alami saat Anda berada pada masa pubertas. Selain bau badan akibat berkeringat, ada juga hal lain yang bisa menyebabkan bau badan berlebihan, berikut merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan bau badan berlebihan :

1. Asam propanoat atau asam prapionat
Asam ini adalah hasil dari analisis keringat oleh bakteri propionik (salah satu bakteri yang berkembang biak di saluran yang mengarah ke kelenjar sebasea manusia saat usia remaja).

2. Asam isovalerik
Penyebab terjadinya bau badan juga karena asam isovalerik yang dihasilkan oleh bakteri staphyloccus epidermis yang akan menimbulkan bau badan seperti keju.

3. Pola makan tidak seimbang
Kurangnya asupan zinc dan magnesium serta mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung kolin, bawang putih, daging, kopi, makanan berlemak dan alkohol juga bisa menyebabkan bau badan tidak sedap.

4. Stress karena emosional
Kelenjar apokrin akan meningkatkan produksi keringat saat seseorang stres dan akhirnya bau tidak sedap keluar dari tubuh Anda.

5. Perubahan hormon
Ini akan terjadi ketika orang memasuki masa remaja, perubahan hormonal terutama hormon androgen juga bisa menyebabkan bau badan.

6. Kesalahan dalam konsumsi makanan
Penyebab bau badan berlebih juga diakibatkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berbau tajam, pedas, daging yang berwarna merah, bawah putih dan sebagainya. Padahal dari hasil pencernaan makanan tersebut, sisanya tidak hanya dikeluarkan oleh urine dan feses, tapi juga lewat keringat.

7. Kurangnya perawatan tubuh
Bau badan juga disebabkan karena kita kurang merawat tubuh, oleh karena itu jaga tubuh Anda agar tetap bersih, jika tubuh Anda tidak bersih bagaimana tubuh Anda bisa terhindar dari bau badan?

8. Pola hidup yang salah
Jarang mandi, sering menggunakan pakaian tebal dalam waktu yang lama, tidak ganti pakaian dalam waktu lama dan penyebab serupa lainnya bisa menyebabkan bau badan yang berlebihan.

9. Dampak dari penyakit lainnya
Secara umum penderita diabetes juga menderita bau badan, karena gula dalam darah tidak bisa di kendalikan sehingga ketoadosis itu sendiri akan menimbulkan bau badan. Selain diabetes, penyakit lever juga bisa menimbulkan efek yang sama, karena racun Dalam tubuh tidak bisa keluar seperti seharusnya.

10. Rempah-rempah
Sebagian besar orang Indonesia sangat menyukai makanan yang dibuat dengan bumbu rempah-rempah yang melimpah. Tapi makanan pedas karena bumbu rempah ternyata adalah salah satu penyebab bau badan.

11. Permen
Bila Anda mengkonsumsi banyak permen, ini bisa menyebabkan pertumbuhan ragi berlebih. Jadi, akan mengubah gula dalam bentuk alkohol, sehingga menimbulkan bau badan di keringat yang lebih busuk.

12. Makanan mengandung senyawa metil
Sebaiknya kurangi atau hindari makanan yang mengandung senyawa metil untuk menghindari munculnya bau tak sedap pada tubuh. Jenis makanan yang mengandung senyawa metil seperti bir, bayam dan beberapa makanan yang berasal dari kedelai.

13. Bau badan akibat minum alkohol
Ketika kita minum alkohol sebanyak apapun itu, maka sekitar 90% akan diolah oleh hati dan sisanya 10% akan dikeluarkan melalui kelenjar keringat nafas dan urine. Karena itu, bagi orang yang sering minum alkohol akan cepat berkeringat dan bisa menyebabkan bau badan tidak enak.

14. Daging
Salah satu makanan yang bisa menyebabkan bau badan adalah daging. Biasanya, mereka yang makan terlalu banyak daging memiliki bau badan yang tidak menyenangkan dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sayuran. Hal ini karena daging memiliki sifat yang tidak mudah dicerna oleh tubuh.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Walaupun sebenarnya bau badan tidak termasuk dalam masalah yang serius, namun jika dibiarkan akan bisa membuat kita merasa kurang enak dan bisa menurunkan kepercayaan diri kita. Apalagi dalam kasus bau badan karena keringat, terkadang bau badan sering membuat kita merasa stres.

Bau badan tidak melihat pada usia dan jenis kelamin, karena setiap orang bisa mengalaminya. Namun, beberapa orang berisiko tinggi terkena bau badan, seperti mereka yang sudah mencapai pubertas, pria (karena cenderung berkeringat lebih banyak daripada wanita), orang yang kelebihan berat badan, orang yang makan makanan pedas atau minuman yang menghasilkan aroma seperti bawang putih atau alkohol, dan orang-orang dengan kondisi tertentu seperti diabetes atau gagal ginjal.

Untuk mengatasi bau badan, sebenarnya cukup mudah. Nah bagi Anda yang punya masalah mengenai bau badan, berikut beberapa cara menghilangkan bau badan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah :

1. Mandi 2 kali sehari
Apakah Anda jarang mandi? Jika memang benar maka ini bisa menjadi penyebab bau badan. Pada dasarnya setiap hari tubuh kita berkeringat melalui pori-pori. Dari keringat ini akhirnya akan menyebabkan bakteri mudah menempel dan bersarang pada tubuh Anda. Jadi, jika Anda tidak membersihkan diri secara teratur, bakteri ini akan menyebabkan munculnya bau badan. Untuk menghilangkan bau badan dan bakteri yang menempel dalam tubuh adalah dengan mandi 2 kali sehari. Lebih baik lagi, saat mandi pakai sabun yang diperkaya dengan kandungan antibakteri di dalamnya.

2. Gunakan deodoran atau antiperspirant
Deodoran dan antiperspirant menjadi produk populer di kalangan orang-orang yang mengalami masalah keringat dan bau badan. Meski sekilas kelihatannya sama, namun ternyata fungsi kedua produk ini sangat berbeda. Bahkan banyak konsumen yang tidak tahu apakah produk ini benar-benar bermanfaat atau tidak untuk mereka. Deodoran adalah produk yang berguna untuk mencegah bau badan, namun tidak mampu mengurangi keringat. Sementara antiperspirant, bisa Anda gunakan untuk mengurangi keringat. Antara dua pilihan itu, saya sarankan memilih deodoran saja. Karena biasanya, antiperspirant kadang membuat kulit teriritasi, radang dan menyebabkan biang keringat.

3. Hindari makanan yang menyebabkan bau badan
Untuk menghindari bau badan dikehidupan sehari-hari, hindarilah makanan yang dapat menimbulkan bau badan. Makanan yang akan menyebabkan bau badan itu seperti :

  • Daging merah – Daging merah termasuk makanan yang sulit dicerna dalam usus kita. Butuh waktu lama bagi tubuh untuk mencerna dagingnya. Akibatnya, ada zat yang tertinggal di dalam usus berupa racun.
  • Rempah-rempah – Bumbu ini sangat bermanfaat untuk bumbu masak, tapi ada beberapa bumbu yang bisa menyebabkan bau badan. Rempah-rempah tersebut diantaranya meliputi bawang merah, bawang putih, kari dan terasi. Hindari rempah-rempah agar bau badan tetap terjaga.
  • Alkohol dan kafein – Meminum kopi setiap pagi sudah menjadi kebiasaan orang saat mereka berada di kantor. Tapi kebanyakan dari mereka tidak sadar bahwa kebiasaan tersebut sebenarnya bisa menyebabkan bau badan. Selain orang yang suka kopi, minum berlebihan juga bisa menjadi penyebab bau badan. Karena itu, jika ingin menghindari bau badan, minimal kurangi konsumsi kopi dan alkohol.
  • Makanan cepat saji – Makanan instan pada dasarnya dibuat dengan berbagai senyawa. Kandungan isi senyawa ini pada akhirnya akan membusuk di tubuh dan bahkan sulit dipecah. Jadi ini menjadi penyebab bau badan yang timbul pada tubuh Anda. Makanan cepat saji tersebut seperti mie instan, sarden dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Tembakau – Apakah kamu suka merokok? Jangan kaget kalau bau badan menyerang. Aromanya mungkin muncul karena senyawa kimia dari asap rokok memecah asam dalam keringat. Akibatnya, keringat Anda akan menjadi bau. Bahkan jika Anda telah berhenti merokok selama beberapa hari, bau badan akan tetap ada dan baru akan hilang selama beberapa bulan.

4. Perbanyak konsumsi buah
Buah segar termasuk dalam makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Dengan demikian, buah akan membuat usus menjadi lebih sehat dan keringat tidak akan berbau. Beberapa buah seperti apel, jeruk, pepaya, jambu biji dan lainnya diharapkan bisa membantu menghilangkan bau badan tubuh Anda secara alami. Jadi komsumsilah buah segar setiap hari agar terhindar dari bau badan yang tidak enak.

5. Daun sirih
Mungkin kebanyakan dari kita tahu-nya bahwa daun sirih merupakan tanaman yang baik untuk perawatan organ kewanitaan saja. Tapi ternyata, kandungan antibakteri dan antiseptik pada daun herbal ini juga sangat baik untuk mengatasi bau badan Anda.

Caranya penggunaanya adalah :

  • Petik daun sirih yang segar
  • Kemudian hancurkan daunnya sampai halus dan oleskan ke seluruh bagian tubuh
  • Usahakan ketiak Anda digosokan selama 5 menit
  • Lalu tunggu sekitar 10 menit dan bilas dengan air hangat

Selain menggunakannya dari luar, Anda juga bisa menghilangkan bau badan dari dalam dengan daun sirih ini. Caranya cukup rebus daun sirih dan konsumsi air rebusan secara teratur. Tak hanya membantu mengatasi bau badan, tapi air rebusan juga bagus untuk mencegah batu ginjal.

6. Cuka putih
Mengapa cuka putih memiliki bau yang kurang enak? Memang benar bahwa cuka putih memiliki bau asam yang kuat. Namun pada kenyataannya, kandungan asam dalam cuka putih bisa membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan bau badan yang Anda miliki. Jika Anda tidak puas dengan metode ini, Anda bisa mencoba cara lain.

Namun jika Anda penasaran, berikut beberapa metode cuka putih yang bisa dilakukan.

  • Metode 1: Basahi kapas dengan cuka putih secukupnya. Kemudian gunakan kapas untuk menggosok ketiak secara merata.
  • Metode 2: Langsung teteskan cuka putih pada lipatan tubuh yang dianggap bau. Dari lipatan lutut, lipatan lengan (ketiak), dan yang lainnya.

7. Daun kemangi
Anda pasti tahu dengan daun yang satu ini. Ya, daun kemangi sering digunakan sebagai sayuran segar saat makan pecel lele atau makanan lainnya. Aroma khas daun kemangi sangat bagus untuk menghilangkan bau mulut. Selain itu, kandungan mineral dan antibakteri pada daun kemangi juga diharapkan bisa membantu mengatasi bau badan. Caranya cukup mudah, hanya mengkonsumsi daun kemangi secara teratur. Jika tidak suka, Anda bisa mengonsumsinya dengan makanan lain seperti sayuran segar pada umumnya.

Namun sering kali ketika kita sudah melakukan berbagai cara untuk menghindari bau badan. Terkadang hasil yang didapat jauh dari harapan. Bukannya menghilang, bau badan menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Jika ini terjadi pada Anda, jangan berkecil hati. Mari coba beberapa tips berikut untuk menghindari bau badan yang tidak sedap yang terjadi pada tubuh Anda :

1. Keringkan tubuh Anda setelah mandi
Kulit kering akan menyulitkan bakteri untuk bereproduksi di tubuh kita. Bila sudah selesai mandi, pastikan mengeringkan badan dengan baik. Perhatikan bagian tubuh yang paling sering berkeringat. Ini tidak akan menghentikan bau keringat seketika, tapi akan sangat berpengaruh untuk menghindari bau badan yang keluar dari tubuh Anda.

2. Gunakan apple cider vinegar
Siapa yang tidak tahu apple cider vinegar (ACV)? ACV dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit kita. Anda bisa memanfaatkan dengan memercikkannya ke ketiak sebelum mandi. ACV seharusnya mengurangi tingkat pH kulit, sehingga bisa membantu mengurangi bakteri atau menghindari bau badan akibat keringat yang berlebihan.

3. Gunakan deodorant wipes
Pernahkah Anda merasakan aroma tubuh yang tidak enak tapi Anda tidak sempat mandi? Mengaplikasikan kembali deodoran bukanlah cara yang benar. Menggunakan deodorant wipes merupakan cara untuk membantu menghindari dari bau badan yang tidak enak dan bau badan yang segar secara instan. Anda bisa mengoleskan deodoran lagi jika dirasa perlu untuk menghindari bau badan Anda.

4. Gunakan antiperspirant dan deodoran pada beberapa anggota tubuh selain ketiak
Ketiak sering dianggap sebagai penyebab utama bau badan. Tapi nyatanya, tidak hanya ketiak saja yang berkeringat dan bisa menimbulkan bau tak sedap. Antiperspirant juga bisa digunakan di bagian belakang lutut, kaki dan di bawah dada untuk menghindari bau badan yang tidak sedap yang terjadi didalam tubuh Anda.

5. Gunakan cuka, alkohol dan hidrogen peroksida
Tips menghindari bau badan yang bisa Anda coba adalah dengan mengaplikasikan sedikit cuka, alkohol atau hidrogen peroksida pada ketiak. Cuka memiliki kemampuan menurunkan kadar pH di kulit. Bila pH kulit menurun, kulit menjadi lebih asam. Kondisi ini membuat bakteri sulit bertahan, sehingga bau badan bisa diatasi dengan baik.

Namun, perlu diingat bagaimana cara menggunakannya, agar kulit tidak bereaksi berlebihan. Pastikan tidak ada luka pada kulit ketiak saat menggunakan cuka. Mirip dengan cuka, alkohol juga ampuh dalam hal pemberantasan atau penghindaran bakteri penyebab bau badan yang timbul akibat keringat. Untuk menghilangkan atau menghindari bau badan bisa mengoleskan sedikit alkohol pada ketiak. Sebagai alternative alkohol, Anda juga bisa menggunakan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida adalah salah satu zat oksidator yang sifatnya kuat. Sifat inilah yang membuatnya banyak digunakan sebagai cairan desinfektan atau pembersih.

6. Gunakan baking soda
Berbicara tentang tips menghindari bau badan, Anda mungkin belum pernah mencoba menggunakan baking soda. Padahal, salah satu bahan kue ini ternyata efektif dalam hal menghindari bau badan yang kurang enak. Baking soda mampu menyerap kelembaban dari kulit yang biasanya disukai oleh bakteri untuk berkembang biak. Selain menyerap kelembaban dari kulit, baking soda juga bisa membantu membasmi bakteri penyebab bau badan. Jika ada baking soda di dapur Anda, tidak ada salahnya mengaplikasikannya di ketiak untuk bau badan Andar agar segera terselesaikan. Caranya, campurkan baking soda dengan air secukupnya untuk membentuk pasta, lalu oleskan pada ketiak. Tunggu 15-20 menit sebelum membilasnya.

7. Gunakan lemon untuk menurunkan pH kulit
Buah lemon tidak hanya enak dimakan, tapi bisa juga digunakan untuk menghindari bau badan yang tidak enak. Tips menghindari bau badan dengan buah lemon cukup mudah dilakukan. Caranya, ambil lemon, lalu potong menjadi beberapa bagian. Kemudian gosok perlahan lemon di permukaan ketiak. Ulangi sekali lagi. Biarkan selama beberapa menit sampai ketiak kering. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Lakukan secara teratur sampai bau badan teratasi.

8. Hindari bau badan dengan konsumsi sayuran hijau
Tips menghindari bau badan sebelumnya? Atau mungkin Anda mencari cara yang lebih nyaman? Nah, salah satu tips ini mungkin sesuai dengan Anda, yaitu dengan rajin mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan, kangkung dan lainnya yang diketahui kaya akan daun klorofil. Zat ini memiliki efek yang sama dengan deodoran, yang membantu mengatasi bau badan. Dengan menambahkan konsumsi sayuran hijau di setiap menu harian Anda, diharapkan Anda akan terhindar dari bau badan.

Itulah berbagai penyebab dan cara menghilangkan bau badan yang bisa Anda coba lakukan. Hasil yang didapat antara satu orang dengan orang lain berbeda. Hasil maksimal yang didapat tergantung pada tingkat keparahan yang dialami pada bau badan tersebut, tingkat ketelatenan dan juga kesabaran orang tersebut dalam melakukan berbagai cara untuk menghilangkan bau badan tersebut.