Cara Memilih Domba Aqiqah yang Perlu Anda Ketahui

Aqiqah menjadi hukum sunnah muakkad bagi mereka yang mampu secara finansial. Niat baik ini merupakan bentuk dari rasa syukur kepada Allah, atas kelahiran buah hati ke dunia. Baik laki-laki maupun perempuan, mereka mendapatkan perlakuan yang sama dalam agama Islam. Bagi anda yang tinggal di daerah Bandung dan sekitarnya yang tidak mau ribet masalah acara aqiqah, anda bisa mengandalkan penyedia domba aqiqah Bandung untuk memilih hewan terbaik. Dan berikut ini adalah beberapa cara memilih domba aqiqah yang perlu anda ketahui :

1. Harus Sepadan dengan Hukum Islam

Pendapat para ulama tentang syarat domba aqiqah berbeda, terutama masalah usia domba. Ada yang mengatakan bahwa harusnya berusia 2 tahun, namun pendapat lain menyebutkan usia 1 tahun. Oleh sebab itu, terkadang diambil ukuran usia tertinggi karena dianggap sudah matang dan sempurna. Domba harus dalam keadaan bersih dan tidak mempunyai cacat fisik. Sehingga tak mengurangi amalan yang akan segera dilaksanakan.

Tetapi ada sebagian ulama yang memperbolehkan aqiqah dengan jenis domba apapun. Mengingat tidak ada syarat khusus yang ditentukan, namun tetap yang paling afdol sudah dipatok usianya. Sama halnya dengan domba aqiqah Bandung yang menerapkan aturan sesuai dengan syariat Islam. Pihak pengelola menggunakan patokan yang sudah tanggal giginya. Serta memilih domba yang usianya telah sempurna dan dalam keadaan sehat.

2. Syarat Hewan untuk Laki-Laki dan Perempuan

Untuk aqiqah syarat hewan yang ditentukan boleh dari tipe kambing atau domba. Baik jantan maupun betina harus dalam keadaan sehat dan sudah cukup umur. Ada baiknya untuk mencari hewan aqiqah yang sudah dicontohkan oleh Nabi, yaitu kambing jantan yang sempurna. Namun begitu Rasulullah tetap mengeluarkan sabda seperti yang diriwiyatakan oleh Ashabus Sunan.

Inti dari sabda tersebut menyebutkan bahwa pria diharuskan dua kambing, sedangkan perempuan satu kambing. Namun tidak ditentukan tipe jantan ataupun betinanya, sesuaikan saja dengan budget yang sudah tersedia. Anda bisa mengandalkan pemilihannya pada jasa domba aqiqah Bandung. Pihak pengelolanya akan membantu anda untuk memilih mana domba yang sesuai dengan kriteria.

3. Pilih Jenis dan Usia Sesuai Kriteria Syariat

Tipe hewan yang diperlukan untuk aqiqah ialah jenis hewan mamalia kecil, seperti kambing dan domba. Untuk kategori kelamin tidak menjadi masalah asalkan tidak ada kemudharatan di dalamnya. Umur domba atau kambing yang diperlukan berbeda, domba cukup usia satu tahun kurang sedikit. Sedangkan untuk kambing biasa harus berusia pas 2 tahun atau mulai masuk tahun ketiga.

Selain usia faktor kesehatan domba juga menjadi penentu, maka dari itu perlu diperiksa saat awal pemilihan. Mulai periksa dari area mata apakah hewan tersebut buta kedua matanya atau buta sebelah. Kemudian cek bagian ekor dan telinga apakah keduanya sudah terpotong atau belum. Namun anda tidak perlu memikirkan hal tersebut jika memakai jasa domba aqiqah Bandung. Karena mereka yang akan memilihkan hewan untuk aqiqah tersebut.

4. Sesuaikan dengan Budget

Meskipun hewan yang akan dipakai aqiqah harus sesuai dengan syarat, namun perlu disetarakan dengan budget. Apabila kesulitan dalam memilih disarankan untuk memakai jasa aqiqah dari Bandung ini. Selain anda tidak perlu terlibat, anda bisa menyesuaiakannya dengan budget yang tersedia. Anda tinggal mengikuti harga paket yang ditawarkan lalu menerima jadi hasil olahannya.

Bagi orang tua yang mampu pelaksanaan aqiqah perlu dilakukan. Sebagai bentuk tebusan anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya. Itulah mengapa aqiqah menjadi sunnah muakkan bagi mereka yang punya finansial lebih. Namun biasanya masyarakat terjebak saat pemilihan hewan, karena tidak tahu harus mengikuti syarat yang mana. Maka dari itu ada solusi berupa memilih jasa aqiqah yang berasal dari Bandung ini.