Cara Membasmi Rayap Secara Alami dan Aman

Rayap merupakan salah satu jenis hewan yang kerap kali memberikan masalah untuk rumah kita. Hal ini karena keberadaan rayap akan menyebabkan bagian rumah dan perabotannya terutama yang terbuat dari kayu akan cepat rapuh dan keropos. Oleh karena itu banyak dari kita yang mencari bagaimana cara untuk membasmi rayap ini, dan pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan beberapa tips atau cara membasmi rayap secara alami.

1. Sediakan Ventilasi Udara yang Memadai

Hewan rayap biasanya sangat menyukai tempat yang cukup lembab dengan sedikit sinar matahari. Maka dengan kita memberikan ventilasi yang cukup untuk sinar matahari masuk maka akan membuat rayap enggan untuk datang, sehingga bagian rumah yang terbuat dari kayu akan tetap aman tidak dimakan rayap. Namun jika ada beberapa perabotan rumah yang sudah terkena rayap, kita bisa membersihkannya terlebih dahulu untuk kemudian di jemur di bawah sinar matahari. Kalau sudah kering dan bersih baru dikembalikan ke tempat semula.

2. Bersihkan Genangan Air di sekitar Rumah

Area-area yang cukup banyak genangan air akan menjadi tempat untuk para rayap berkembang biak. Maka dari itu untuk mencegah semakin banyaknya rayap disekitar rumah kita adalah dengan membersihkan genangan-genangan air yang ada. Apalagi ketika musim hujan datang maka kita harus semakin rutin memastikan tidak adanya genangan air yang bisa menjadi tempat rayap berkembang biak.

3. Memperbaiki Bagian Rumah yang Retak

Jika anda menjumpai da bagian tembok yang retak maka usahakan untuk segera menambal atau memperbaikinya. Karena retakan pada pagar atau tembok ini bisa menjadi jalan rayap untuk masuk kerumah kita. Kita bisa menambalnya menggunakan semen, atau jika tidak sempat maka bisa minta tolong kepada tukang bangunan yang ada disekitar kita.

4. Hindari Kontak Langsung Material Kayu dengan Tanah

Dengan memberikan jarak antara material atau bagian rumah kita yang terbuat dari kayu dengan tanah maka akan meminimalisir masuknya rayap tanah kerumah kita, karena dengan begitu kita akan memberikan sekat jalan rayap untuk masuk.

5. Menggunakan Kapur Barus

Kapur baru memang dikenal cukup ampuh untuk menyingkirkan berbagai jenis serangga, bahkan termasuk juga rayap. Caranya cukup mudah kita cukup meletakan kapur barus ini disekitar material atau perabot rumah yang terbuat dari kayu, dengan baunya yang kuat dan menyengat akan membuat rayap enggan untuk mendekat.

Nah, demikian tadi adalah beberapa tips cara membasmi rayap tanah secara alami dimana dengan melakukan hal-hal diatas akan bisa mencegah rayap datang dan membasmi rayap yang sudah ada. Namun jika ternyata rayap masih cukup banyak berkeliaran diberbagai sudut rumah, maka kita bisa menggunakan jasa basmi rayap yang sudah banyak tersedia disekitar kita dengan biaya yang terjangkau. Dengan menggunakan jasa tersebut kita tinggal duduk manis saja dan rayap akan lenyap seketika.