Cara Jualan Laris di Marketplace

Saat ini hampir sebagian besar orang lebih suka berbelanja online diberbagai marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan yang lainnya. Selain mudah juga karena kita tak perlu keluar rumah bahkan barang pesanan kita akan langsung diantar sampai rumah kita. Tren belanja online yang semakin menjamur saat ini bisa menjadi peluang kita untuk mendapatkan keuntungan, yaitu dengan berjualan barang di marketplace. Dan pada artikel kali ini saya ingin memberikan tips cara jualan laris di marketplace yang bisa anda terapkan :

1. Lengkapi Profil Toko

Hal pertama yang perlu anda perhatikan supaya bisa laris jualannya adalah terkait desain profil toko kita, desain lah halaman toko kita semenarik mungkin seperti foto profil, foto sampul dan deskripsinya. Pada bagian deskripsi bisa anda cantumkan kapan jam operasional dan libur toko kita atau keuntungan-keuntungan apa saja yang didapatkan pembeli jika belanja ditoko kita. Ini bisa menjadi salah satu trik jitu menarik pembeli ke toko kita.

2. Deskripsi dan Foto Produk

Jualan di marketplace bisa diibaratkan kita jualan foto atau gambar maka untuk menarik pembeli kita perlu mendesain dan memasang foto produk semenarik mungkin untuk memancing klik para pembeli. Lengkapi pula deskripsi produk selengkap mungkin agar pembeli bisa mengetahui spesifikasi lengkap dari produk yang kita jual.

3. Jasa Pengiriman yang Beragam

Tiap pembeli memang memiliki selera masing-masing dalam berbelanja termasuk dalam hal pengiriman. Ada yang suka model COD atau bayar ditempat dan ada juga yang suka pengiriman barang sehari sampai dalam hal ini bisa kita menggunakan gojek atau grab. Sehingga jika melihat hal tersebut maka kita perlu menyediakan banyak pilihan jasa kirim di toko kita untuk menjangkau semua calon pembeli.

4. Harga Terjangkau

Faktor harga juga cukup penting, sebelum menentukan harga jual di toko kita maka kita perlu riset harga kompetitor terlebih dahulu berapa harga yang pesaing kita pasang. Dari situ kita bisa menentukan harga jualnya berapa, jika kita bisa memberikan harga lebih murah tentu lebih baik namun jika tidak maka minimal sama dengan kompetitor atau tidak selisih jauh dengan mereka.

5. Promosikan Toko dan Produkmu

Untuk mempromosikan toko dan produk kita bisa menggunakan fitur iklan yang disediakan oleh pihak marketplace. Selain itu kita juga bisa mempromosikannya melalui media lain seperti instagram, facebook, youtube dan platform lainnya sehingga pengunjung toko kita meningkat dan peluang terjadinya penjualan akan lebih besar.

6. Layani Pelanggan dengan Baik

Faktor yang sangat penting untuk meningkatkan performa dan penjualan toko kita adalah dengan memberikan respon chat pelayanan yang baik dan cepat, karena kecepatan respon ini akan ditampilkan pada halaman toko kita, sehingga ketika respon kita cepat maka pembeli akan lebih percaya dan tertarik untuk belanja di toko kita.

Itu tadi adalah beberapa cara jualan laris di marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan yang lainnya. Jika kita bisa menerapkannya secara konsisten maka bukan tidak mungkin kita akan kebanjiran orderan dari para pembeli dan tentu saja kita akan mendapatkan profit yang besar.

Sumber referensi : http://vaz.biz.id/