Yuk Cari Tahu Bagaimana Cara Belanja di Alibaba

Alibaba adalah salah satu situs jual beli barang barang khusus dari China. Ada banyak sekali barang barang yang dijual di situs tersebut mulai kebutuhan fashion hingga kebutuhan rumah tangga. Bagi anda yang masih awam, tentu masih bingung ketika ingin berbelanja di situs tersebut. Pasalnya pengunjung tidak akan menemukan tombol buy atau add to chart seperti yang biasa ditemui di situs jual beli lainnya. Yuk simak cara belanja di Alibaba berikut ini :

Cara Mudah Untuk Belanja di Alibaba

1. Login ke Akun Alibaba

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke akun Alibaba miliki anda. Jika anda belum memiliki akun di Alibaba, maka anda bisa membuat akun terlebih dahulu. Kemudian carilah barang barang yang anda inginkan. Tuliskan nama barang yang anda cari di kolom search yang sudah disediakan. Anda bisa membeli dengan jumlah yang banyak jika membeli di situs Alibaba tersebut.

2. Melakukan Komunikasi dengan Penjualnya

Jika anda sudah memilih barang dan jumlah yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah klik tombol contact supplier yang ada di sebelah kanan. Contact supplier ini akan menghubungkan anda dengan kontak pemasok dan bisa mengajukan pertanyaan menggunakan send inquiry. Setelah klik contact supplier maka anda bisa mengirimkan pertanyaan ke penjual tersebut mengenai ketersediaan barang dan proses pengiriman,

Cobalah untuk menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti sebagai cara belanja di Alibaba yang benar. Pertama katakana jika anda ingin membeli barang A dalam jumlah berapa dan jelaskan jika barang akan dikirim ke Indonesia. Berikan tiga pernyataan tersebut dengan lebih jelas dan tidak berbelit belit sehingga supplier bisa menerima maksud dari pesan anda. Isilah tabel yang sudah tersedia seperti jumlah barang yang hendak dibeli.

3. Lakukan Negosiasi dengan Seller

Jika penjual sudah membalas pesan anda, maka anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email. Saat membuka email tersebut, maka anda bisa balas pesan dengan klik tombol reply now. Sehingga anda akan dibawa ke akun Alibaba yang anda miliki. Anda bisa melanjutkan sesi tanya jawab dengan supplier dengan melihat halaman komunikasi tanya jawab. Balas pesan dari supplier dengan benar sehingga anda akan mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Meminta Proforma Invoice

Setelah anda deal dengan penjual, maka langkah cara belanja di Alibaba selanjutnya adalah meminta penjual untuk membuat proforma invoice (PI). Proforma Invoice ini adalah penawaran resmi dari penjual yang berisi nama barang, harga satuan, jumlah barang yang dibeli total harga ongkos kirim dan lain sebagainya. Performa ini biasanya dijadikan pegangan untuk anda jika nanti barang yang masuk sudah dikirim dan masuk ke pemeriksaan bea cukai.

Untuk memintanya anda hanya tinggal kirim pesan melalui kontak penjual atau supplier. Katakan dengan bahasa yang mudah dimengerti jika anda ingin meminta proforma invoice tersebut. Biasanya untuk berkomunikasi dengan supplier ini, anda bisa menggunakan bahasa inggris saja. jangan khawatir jika tidak mahir, karena anda bisa menggunakan bantuan Google translate.

5. Melakukan Order dan Pembayaran

Jika anda sudah melakukan langkah diatas, maka cara yang terakhir adalah melakukan order dan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui Trade Assurance Alibaba yang merupakan fasilitas transaksi yang disediakan oleh Alibaba tersebut. Mintalah kepada seller untuk menerbitkan trade assurance untuk bisa melakukan pembayaran barang yang sudah dipesan tersebut. Cara belanja di Alibaba cukup mudah bukan?

Itulah langkah langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk melakukan pemesanan barang di Alibaba. Anda bisa membeli barang dalam jumlah yang cukup banyak dan mendapatkan tawaran harga yang sangat aman di kantong. Situs Alibaba sendiri banyak dicari oleh banyak orang karena produknya yang murah dan kualitasnya yang bagus. Pilihlah jasa forwarder yang terpercaya ketika membeli di Alibaba.