Bibit Durian Unggul yang Cepat Berbuah

Aroma buahnya yang khas sudah tercium dari kejauhan, siapa lagi kalau buah si buah durian. Tumbuh subur di daerah tropis seperti tanah air, membuatnya banyak incaran sebagai salah satu buah yang seringkali dibubidayakan. Bukan hanya tingginya peminat, namun harganya yang cenderung stabil dirasa mampu mendatangkan untung. Sebelum menanamnya, kenali beberapa jenis bibit durian unggul yang cepat berbuah berikut ini :

Bibit Durian Unggul yang Cepat Berbuah

1. Durian Montong

Namanya sudah tidak asing terdengar, dimana ada penjual Durian Montong maka disitulah para pembeli akan rela mengantri panjang. Alasan utama mengapa jenis durian satu ini cukup digemari, tentu saja bukan hanya dari kelezatan daging buahnya saja. Selain karena kelezatannya, buah satu ini berukuran lebih besar dengan bobot mencapai 6 kg atau bahkan 10 kg. Hanya dengan melihat ukurannya saja, sudah terbayang betapa puasnya ketika mencicipinya.

Alasan lain mengapa penggemarnya begitu tergila gila dengan durian jenis montong, yaitu daging buahnya yang tebal serta didominasi oleh rasa manis yang pas. Untuk bisa mencicipinya kembali, ada harus bersabar menunggu panen selanjutnya yang ternyata lebih lama dari jenis durian lainnya meski masih tergolong cepat. Oleh karena itu, jangan pernah lewatkan kesempatan mengkonsumsinya ketika musim panen telah tiba.

2. Durian Bawor

Durian Bawor asal Banyumas, merupakan jenis durian selanjutnya yang cukup diincar oleh penggemarnya. Jika hanya dilihat dengan sekilas, kemungkinan anda akan salah mengira bahwa durian ini adalah Durian Montong. Pasalnya dari segi ukuran, kedalaman buah, bahkan  kelezatan rasanya hampir serupa dengan saudaranya tersebut. Dibandingkan dengan Montong, durian Bawor disebut bibit durian unggul yang cepat berbuah.

Rasanya memang sudah tidak perlu diragukan lagi, namun sayangnya tingkat ketahanan Durian Bawor lebih rendah dibandingkan dengan jenis durian lainnya. Oleh sebab itu, buah ini sering menjadi sasaran empuk dari serangan hama maupun penyakit. Jika anda tertarik untuk membudidayakannya, pastikan untuk melakukan perawatan rutin agar tumbuhan ini mampu menghasilkan buah berkualitas unggulan.

3. Durian Musang King

Salah satu jenis durian yang tak kalah menarik untuk dibudidayakan adalah Durian Musang King. Bukan hanya karena kelezatan rasanya, melainkan dari daging buahnya yang cukup tebal serta memiliki biji berbentuk pipih dan terlihat mungil. Jumlah daging buahnya yang lebih banyak, dirasa mampu memberikan kepuasan tersendiri ketika menyantapnya. Ditambah lagi dengan rasanya yang manis meski ada sedikit rasa pahit, dijamin siap menggoyang lidah.

Termasuk sebagai bibit durian unggul yang cepat berbuah, bahkan buah asal Malaysia satu ini sudah bisa dipanen meski belum terlalu tua. Cukup dengan diperam sekitar 2 hingga 4 hari, dijamin daging buahnya akan masak secara sempurna. Sedangkan warna daging buahnya yang sekilas seperti warna kunyit, membuatnya sering dijuluki sebagai durian kunyit. Justru dari warna dagingnya, yang dirasa mampu menaikkan keinginan seseorang untuk mengkonsumsinya.

Meski diberi nama king, sebenarnya buah satu ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar seperti yang dibayangkan. Bahkan berat rata ratanya sekitar 2 kg hingg 3 kg, dengan diameter rata rata 20 cm. Ukuran memang boleh standar, namun soal rasa maka buah Durian Musang King juaranya. Menawarkan rasa yang luar biasa sedap, wajar saja jika buah satu ini dipatok dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis durian lainnya.

4. Durian Petruk

Tinggal di daerah yang termasuk daratan rendah, ternyata tidak bisa menjadi alasan untuk tidak membudidayakan buah durian. Justru Durian Petruk yang berasal dari Jepara ini, akan tumbuh subur dan mampu menghasilkan buah berkualitas ketika ditanam di dataran rendah. Sedangkan rasa yang ditawarkannya terasa manis meski ada sedikit rasa pahit, legit, dan tentunya terasa nikmat sejak suapan pertama.

Keunggulan lain yang dimiliki berasal dari daging buahnya yang tebal serta memiliki tingkat produktifitas yang cukup tinggi. Dengan kata lain, tumbuhan ini masuk sebagai salah satu bibit durian unggul yang cepat berbuah dan hampir sebanding dengan Durian Musang King. Sayangnya, daya ketahanannya tidaklah terlalu bagus, sehingga tanamannya sering terkena hama dan terserang penyakit bak Durian Bawor.

5. Durian Duri Hitam

Jika umumnya daging buah durian terasa lengket ketika disentuh, maka hal tersebut tidak akan terjadi ketika menyantap si Durian Duri Hitam. Meski tidak terasa lengket di tangan, namun daging buahnya terasa menempel ketika sudah menyentuh lidah. Jutru keunikannya ini dirasa mampu memberikan kepuasan, sebab tidak ada daging buahnya tidak akan terbuang sia sia akibat tersentuh ataupun terjatuh sebelum masuk ke dalam mulut.

Selain unggul dalam segi tektur, ternyata buah satu ini juga memiliki keunggulan dari segi rasa. Kombinasi dari rasa manis, sedikit gurih, ada sedikit rasa pahit serta daging buahnya yang lembut dirasa menjadi ciri khas dari durian satu ini. Membudidayakan durian satu ini pun tergolong mudah, pasalnya tanaman ini dapat tubuh di segala jenis tanah bahkan tahan terhadap cuaca kering sekalipun.

6. Durian Merah Banyuwangi

Keunggulan lain dari buah lezat satu ini, terletak pada daging buahnya yang tebal dengan rasa manis yang pas. Sedangkan ukuran buahnya sendiri tidaklah terlalu besar, namun dipatok dengan harga mahal mengingat jumlahnya yang mulai langka di pasaran. Meski terkenal sebagai bibit durian unggul yang cepat berbuah, nyatanya buah Durian Merah Banyuwangi masih jarang dibudidayakan oleh masyarakat.

Penyebab mengapa petani jarang berniat untuk membudidayakannya, lantaran beredarnya bibit Durian Merah Banyuwangi yang tidak asli.Padahal jika dikorek lebih dalam, tingginya peminat dan kecepatan produksi buahnya dianggap mampu menjadi prospek yang cukup menjanjikan. Belum termasuk jenis durian yang masih belum banyak dibudidayakan, seharusnya bisa menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, buah unik satu ini memang berasal dari kota Banyuwangi. Penggemarnya pun tak perlu kesusahan untuk bisa membedakannya dengan jenis durian lainnya, sebab daging buahnya memiliki warna merah pekat. Meski warnanya sedikit tampak mencolok, dari segi rasa maka sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Saat musim panen tiba, waktunya bagi para penggemarnya untuk berpesta bersama.

7. Durian Pelangi

Durian pelangi disebut sebagai salah satu bibit durian unggul yang cepat berbuah asal Manokwari. Selain kecepatan produktifitas, buah satu ini terkenal akan warna buahnya yang berbeda dari durian pada umumnya. Terdapat gradasi warna merah, kuning, dan putih justru membuatnya tampak menarik untuk dicicipi. Selain dari warna daging buahnya, rasanya lezat serta memiliki daging buah yang tebal dijamin mampu memberikan kepuasan.

Perawatannya yang mudah dan tingginya peminat, menjadi salah satu alasan kuat mengapa petani begitu tertarik menanam si buah durian. Beberapa jenisnya memang populer dan banyak dibudidayakan, namun ada baiknya menanam durian berkualitas demi mendapatkan keuntungan lebih. Selain dikonsumsi langsung, kini masyarakat juga bisa menikmatinya dalam berbagai bentuk kuliner lezat yang tidak akan bisa ditolak oleh para penggemarnya.